PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Penulis

  • Mugiyatmi SD Negeri Pacar

Kata Kunci:

Problem based learning, IPS, siswa SD, model pembelajaran

Abstrak

Latar belakang: Ketrampilan memecahkan masalah merupakan bekal hidup yang sangat penting di masa depan. Kemampuan memecahkan masalah harus dilatih sejak usia sekolah dasar diperoleh melalui pembelajaran menggunakan metode yang tepat. Problem based learning (PBL), merupakan model yang paling sesuai dalam membekali ketrampilan anak memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PBL terhadap hasil belajar IPS. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kuasi eksperiman menggunakan desain pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pacar. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 57 orang. Teknik pengumpulan data  menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisa menggunakan uji t-test dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil: terdapat kenaikan rerata nilai pretest-posttest dari 67 menjadi 89. Data thitung=8.890 dan ttabel=2.349 (taraf signifikan 0.05), yang artinya thitung lebih besar dari ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan: terdapat pengaruh penggunaan model PBL terhadap hasil belajar IPS. Disarankan kepada guru untuk melakukan identifikasi karakteristik siswa dengan cermat dalam rangka menentukan metode pembelajaran yang tepat.

Referensi

Agus, J., Guru Sekolah Dasar, P. and Muhammadiyah Buton, U. (2022) ‘Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Sekolah Dasar’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), pp. 6963–6972. Available at: https://edukatif.org/index.php/edukatif/index.

Aprilianingrum, D. and Wardani, K. W. (2021) ‘Meta Analisis: Komparasi Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD’, Jurnal Basicedu, 5(2), pp. 1006–1017. doi: 10.31004/basicedu.v5i2.871.

Ariyani, B. and Kristin, F. (2021) ‘Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD’, Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), p. 353. doi: 10.23887/jipp.v5i3.36230.

Carolus Borromeus Mulyatno (2022) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 87 Palembang’, Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), pp. 1349–1358.

Darsana, I. G. B., Wiarta, I. W. and Putra, M. (2019) ‘Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika’, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), p. 200. doi: 10.23887/jppp.v3i3.18608.

Hotimah, H. (2020) ‘Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Edukasi, 7(3), p. 5. doi: 10.19184/jukasi.v7i3.21599.

Idris, I., Sida, S. C. and Idawati, I. (2019) ‘Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPS Siswa SD’, Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), pp. 58–63. doi: 10.17509/ijpe.v3i2.21849.

Kusnandar, D. (2019) ‘Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Belajar Ipa’, Pendidikan Islam, Sains, Sosial, dan Budaya, 1(1), pp. 17–30. Available at: http://www.madrascience.com/index.php/ms.

Lisnawati, T., Suroyo, S. and Pribadi, B. A. (2022) ‘Efektivitas Model Pembelajaran Kelompok dan Problem Based Learning pada Studi Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 6(2), pp. 2912–2921. doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2521.

Melindawati, S. et al. (2022) ‘Analisis Literatur Review Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), pp. 7338–7346. doi: 10.31004/edukatif.v4i5.3919.

N.K. Mardani, N.B. Atmadja and I.N.Suastika (2021) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ips’, Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), pp. 55–65. doi: 10.23887/pips.v5i1.272.

Novianti, A., Bentri, A. and Zikri, A. (2020) ‘Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 4(1), pp. 194–202. doi: 10.31004/basicedu.v4i1.323.

Santoso, B., Putri, D. H. and Medriati, R. (2020) ‘Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Alat Peraga Konsep Gerak Lurus’, Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), pp. 11–18. doi: 10.33369/jkf.3.1.11-18.

Wabula, M., Papilaya, P. M. and Rumahlatu, D. (2020) ‘Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan video dan problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa’, Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan, 5(01). doi: 10.33503/ebio.v5i01.657.

Wahyuningtyas, R. and Kristin, F. (2021) ‘Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar’, MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), p. 49. doi: 10.23887/jjpgsd.v9i1.32676.

Unduhan

Diterbitkan

04/05/2023

Cara Mengutip

Mugiyatmi. (2023). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. Jurnal Mitra, 2(1). Diambil dari https://jurnal.mitrasmart.co.id/index.php/jm/article/view/33