PENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN SIKAP MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KELOMPOK TEKNIK DISKUSI

Penulis

  • Florentina Sulistiyanti

Kata Kunci:

Kompetensi Guru, Penilaian Sikap, Supervisi Akademik

Abstrak

Supervisi akademik memberikan pengaruh positif terhadap guru untuk mengembangkan proses pembelajaran dengan baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan, serta penilaian pembelajaran. Oleh sebab itu, praktek supervisi akademik yang baik mampu menghasilkan kualitas program dan hasil pembelajaran yang lebih baik juga, yaitu peningkatan prestasi anak didik. Masalah kompetensi yang tidak bisa dipisahkan dari profesionalitas guru juga dialami oleh SDN 2 Wojo, Kabupaten Bantul. Sebagaimana hasil pengamatan dan wawancara oleh peneliti selaku kepala sekolah, didapatkan hasil bahwa masih banyak guru yang belum maksimal dalam melaksanakan penilaian untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik karena masih rendahnya pemahaman dan ketrampilan guru mengenai penilaian, terutama pada aspek penilaian sikap.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (Action Research) dengan melibatkan 8 orang guru. Teknik dan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi dan teknik test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan supervis akadmik teknik diskusi menunjukkan adanya peningkatan dalam pemahaman guru terhadap penilaian sikap. Dapat disimpulkan bahwa jika para guru diberikan supervisi atau pembinaan dengan menggunakan Teknik diskusi dengan pertemuan tatap muka yang lebih lama dan para guru diberi bahan ajar yang lengkap, maka kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian sikap dapat ditingkatkan

Referensi

BPSDM Dan PMP, 2011. Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Buku 1.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Ditjen Dikti, Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action research).

Dodd, W.A. 1972. Primary School Inspection in New Countries. London: Oxford University Press.

Glickman, C.D., Gordon, S.P., and Ross-Gordon, J.M. 2007. Supervision and Instructional Leadership A Development Approach. Seventh Edition. Boston: Perason.

Gwynn, J.M. 1961. Theory and Practice of Supervision. New York: Dodd, Mead & Company.

Kemmis, S. and McTaggart, R.1988. The Action Researh Reader. Victoria, Deakin University Press.

Sullivan, S. & Glanz, J. 2005. Supervision that Improving Teaching Strategies and Techniques. Thousand Oaks, California: Corwin Press.

Sergiovanni, T.J. 1982. Supervision of Teaching. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.

Sudjana,Nana, 2009, Penelitian Tindakan Kepengawasan( konsep dan aplikasinya bagi pengawas Sekolah), Jakarta: LPP Binamitra.

Suhardjono, Azis Hoesein, dkk. 1996. Pedoman Penyu-sunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Widya-iswara. Jakarta: Depdikbud, Dikdasmen.

Suhardjono. 2005. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah pada “Diklat Pengembangan Profesi bagi Jabatan Fungsional Guru”, Direktorat Tenaga

Kependidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas.

Suhardjono. 2005. Laporan Penelitian Eksperimen dan Penelitian Tindakan Kelas sebagai KTI, Makalah pada “Pelatihan Peningkatan Mutu Guru di Makasar”, Jakarta, 2005

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2006. Peneilitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara.

Supardi. (2005). Penyusunan Usulan, dan Laporan Penelitian Penelitian Tindakan Kelas, Makalah disampaikan pada “Diklat Pengembangan Profesi Widyaiswara”, Ditektorat Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Warso,Agus.2014. Publikasi ilmiah Non Penelitian . Yogyakarta: Graha Cendikia

Warso,Agus.2016. Publikasi ilmiah Tinjauan Ilmiah & Best Practice. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Warso,Agus.2016. PKB Publikasi ilmiah Tinjauan Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dan Nilai Angka Kreditnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah,Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,2016.Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD).

Unduhan

Diterbitkan

06/02/2022

Cara Mengutip

Sulistiyanti, F. (2022). PENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN SIKAP MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KELOMPOK TEKNIK DISKUSI. Jurnal Mitra, 1(2), 19–30. Diambil dari https://jurnal.mitrasmart.co.id/index.php/jm/article/view/4