IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA TOPIK LAJU REAKSI DI SMA NEGERI 5 SURABAYA
Kata Kunci:
discovery learning, Kimia, berpikir kritis, SMAAbstrak
Model pembelajaran discovery learning membawa siswa beraktivitas belajar mandiri untuk menghasilkan sebuh temuan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap prestasi belajar Kimia topik laju reaksi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jenis tindakan yang digunakan adalah model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian dilaksanakan mulai Oktober-Desember 2021 di SMA Negeri 5 Surabaya. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-3 berjumlah 61 orang. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kimia topik laju reaksi. Target dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar dan berpikir kritis siswa. Indikator penelitian adalah nilai hasil belajar di atas KKM. Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning meningkatkan nilai pada mata pelajaran Kimia topik laju reaksi, dengan kenaikan rerata nilai sebesar 11.75 poin. Peningkatan proporsi siswa yang menuntaskan target belajar juga mengalami peningkatan, yang semula 84.3% menjadi 93.44% (kenaikan sebesar 9.45%). Model discovery learning menunjang pola berpikir siswa menjadi lebih kritis. Guru disarankan untuk mempertimbangkan model pembelajaran discovery learning sebagai pilihan model dalam pembelajaran Kimia.
Referensi
Debora, A. et al.(2021) ‘Pengembangan Modul Kimia Dasar Berbasis Discovery Learning pada Materi Stoikiometri’, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), pp. 4415–4425.E Ellizar, H Hardeli, S Beltris, R.S. (2018) ‘Development of Scientific Approach Based on Discovery Learning Module Development of Scientific Approach Based on Discovery Learning Module’, IOP Conference Series: Materials Science and engineering, (1), pp. 0–7. doi:10.1088/1757-899X/335/1/012101.Harefa, N., Tafonao, G.S. and Hidar, S. (2020) ‘Analisis Minat Belajar Kimia Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia’, Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengemabngan Kependidikan, 11(2).Istiana, G.A.,Nugroho, A. and Catur, S. (2015) ‘Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahsan Larutan Penyangga pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014’, JurnalPendidikan Kimia (JPK), 4(2), pp. 65–73.Jayadiningrat, M.G. et al.(2019) ‘Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Mneingkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa’, Jurnal Pendidikan KImia Undiksha, 3(2), pp. 83–89.Julita Sari, Amrul Bahar,D.H. (2017) ‘Studi Komparasi antara Model Pembelajaran Discovery Learning dan Group Investigation terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa’, ALOTROP: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 1(1), pp. 60–65.Kurnianto, H. and Masykuri, M. (2016) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Lembar Kegiatan Siswa (LKS) terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015’, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5(1), pp. 32–40.Nbina, J.B. (2013) ‘The Relative Effectiveness of Guided Discovery and Demonstration Teaching Methods on Achievement of Chemistry Students of Different levels of Scientific Literacy’, Journal of Research in Education and Society, 4(1), pp. 1–8.Nugrahaeni, A., Redhana, I.W. andKartawan,
LulukIsnawati, Iplementasi Model Pembelajaran Discovery Learning....Jurnal Mitra Indonesia : Jurnal Pendidikan, Sosial, Humaniora, dan Kesehatan Volume 1, Nomor 2, November2022(Halaman 95-101)P-ISSN 2961-757XE-ISSN 2961-7561101I.M.A. (2017) ‘Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia’, Jurnal Pendidikan KImia Indonesia, 1(1), pp. 23–29.Puspitadewi, R., Nugroho, A. and Saputro, C. (2016) ‘Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA 3 Semester Genap SMA N 1 Teras Tahun Pelajaran 2015/2016’, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5(4), pp. 114–119.Rusminiati, N.N., Karyasa, I.W. and Suardana, I.N. (2015) ‘Komparasi Peningkatan Pemahaman Konsep Kimia dan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa antara yang Dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Discovery Learning’, e-Journal Program Pascasarajana Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), pp. 1–11.Shidiq, A. (2016) ‘Pembelajaran Sains Kimia Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa’, Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia VIII, 14 Mei.Tao, S. and Rajendran, K. (2019) ‘Validity and practicality of guided discovery learning models for chemistry learning in senior high school Validity and practicality of guided discovery learning models for chemistry learning in senior high school’, Journal of Physics: Conference Series, 1317(1), pp. 0–7. doi:10.1088/1742-6596/1317/1/012149.Trihanto Setiadi, R.Z. (2013) ‘Pengembangan E-Modul Asam Basa Berbasis Discovery Learning untuk Kelas XI SMA/MA’, Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1).
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 12/20/2022 (2)
- 11/30/2022 (1)