HUBUNGAN POLA MAKAN DAN GAYA HIDUP SEHAT SELAMA PANDEMI COVID-19 DENGAN TINGKATPRESTASI BELAJAR SISWA
Kata Kunci:
prestasi belajarAbstrak
Latar Belakang: Pada masa pandemi- covid 19 pola makan dan gaya hidup harus diperhatikan dalam melaksanakan pembelajaran disekolah. Penurunan prestasi dialami siswa dikarenakan kondisi kesehatan dan pola makan yang kurang. Kurangnya ketersediaan variasi menu makanan dan kebiasaan menjaga kesehatan menjadi permasalahan yang ditemukan sehingga siswa kurang sehat dalam belajar dan penurunan prestasi pembelajaran di MA PKBM Al-Bayan.
Metode: Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Cross sectional.
Hasil: Berdasarkan hasil perhitungan dengan metode Chi Square didapat hasil ada hubungan yang signifikan antara hubungan pola makan dengan tingkat prestasi belajar siswa di MA PKBM Al-Bayan diketahui bahwa nilai hitung sebesar 22,174 dimana nilai Asymp Sig (2-sided) 0,000 sehingga nilai p< 0,05 dan ada hubungan yang signifikan antara gaya hidup sehat selama pamdemi covid-19 dengan tingkat prestasi belajar siswa di MA PKBM Al-Bayan, diketahui bahwa nilai hitung sebesar 13,666 dengan nilai Asymp Sig (2-sided) 0,001 sehingga nilai p<0.05.
Kesimpulan: ada hubungan yang signifikan pola makan dengan tingkat prestasi belajar siswa di MA PKBM Al-Bayan, dan ada hubungan yang signifikan hubungan gaya hidup sehat selama pamdemi covid-19 dengan tingkat prestasi belajar siswa di MA PKBM Al-Bayan.
Kata Kunci: Pola Makan, Gaya Hidup Sehat, Pandemi.
Referensi
Abdul dan faridha. 2021. Hubungan literasi kesehatan dengan pola hidup sehat siswa smp dimasa pandemi covid-19.
Afip. 2010. Pola konsumsi makanan olahan di dalam keluarga pada masa pandemi covid-19 di lampung.
Afriyanto, Y. 2017. Hubungan Antara Gaya Hidup Sehat Dengan Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sleman. Skripsi
Aisuhendra. 2013, bahan toksik dalam makanan, Bandung : Pt. Remaja rosdakarya
Amaliyah et al. 21021. Pola konsumsi makan remaja di masa pandemi covid-19. Vol.10 no.1 issn: 2301-5012. Jurnal
Andriani dan Wirjatmadi (2012) Makan Tidak Teratur aktivitas yang tinggi, baik di sekolah maupun di luar sekolah menyebabkan makan menjadi tidak teratur
Anggeraini dan hutahaean. 2021. Hubungan Sarapan Dengan Prestasi Siswa SD di Masa Pandemi Covid-19. Vol. 6. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah
Aulia et al. 2020. Peran Pemerintah Dalam Penanganan Dampak Pandemi Covid-19 Bagi Penyandang Disabilitas. Vol. 1 No. 1. Jurnal Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. 2021. Data Pendidikan DIY. Sumber http://bapeda.jogjaprov.go.iddiakses pada 30 November 2021 pukul 21.16]
Departemen kesehatan ri, 2009. Pengertian pola makanDepartemen Kesehatan RI. 2009. Pengertian Pola Makan.
Departemen Kesehatan RI. 2014. Pola Makan dan GiziDinas kesehatan yogyakarta. 2021. Data covid-19 bulan oktober 2021.Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. 2020. Bentuk Satgas,Pemkab Sleman Serius Tangani Anak Putus Sekolah. Sumber : http://disdik.slemankab.go.iddiakses pada 14 Desember 2021 pukul 21.53Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga. 2020. Informasi dan Data Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta. Sumber : http://kpora.jogjaprov.go.iddiakses pada 30 november 2021 pukul 21.13
Fianora (2019) dengan judul pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraanIgrayati dan kasrudin, 2021. Perilaku (phbs) dalam mendukung gaya hidup sehat masyarakat kota kendari pada masapandemi covid Vol 04, no 01. Jurnal keperawatan Indarti (2017). hubungan antara perilaku hidup sehat, motivasi belajar dan kecerdasan inteligensi (IQ) dengan prestasi belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa kelas x sma muhammadiyah 3yogyakarta tahun 2017
Irianto dan Waluyo (2004). Sehat merupakan suatu keadaan yang terdapat selama masa tumbuh kembang manusia.Karunawati. 2019. Pola Konsumsi Pangan Dan Penilaian Status Gizi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Jurnal Kemenkes RI (2020) dalam Panduan Gizi Seimbang Pada Masa Pandemi Covid-19.Kemenkes RI (2020), dalam Panduan Gizi Seimbang Pada Masa Pandemi Covid-19, peningkatan daya tahan tubuh saat pandemic covid-19
Kemenkes ri 2019. Hasil pemantauan status gizi.Kementrian kesehatan ri, 2020. Panduan gizi seimbang saat pandemi.Kementrian kesehatan ri, undang-undang nomor 18 tahun 2012 . Pengertian pangan.Kementrian kesehatan ri. 2020. Laporan hasil riset kesehatan dasar (riskesdas) tahun 2018
Kementrian pendidik, kebudayan, riset, dan teknologi, 2021. Data penyelengaraan dimasa pandemi Kurniadi. T. K. 2008. Kalau Bisa Sehat, Kenapa Harus Sakit.Depok: Puspa SwaraMajid. 2009. Adab Makan dan Minum. Islamhouse.
Mardisentosa dan Sugiyanti (2021) Pengaruh evektifitas pembelajaran daring, kemampuan ekonomi siswa dan pola makan terhadap prestasi belajar pada SMK Yarsi Medika Tigaraksa Kabupaten Tanggerang.
Niswah et al. 2014. Kebiasaan Sarapan, Status Gizi, dan Kualitas Hidup Remaja SMP Bosowa Bina Insani Bogor. Vol 9(2). Jurnal Gizi dan Pangan Notoatmodjo. 2012. Metode penelitian kesehatan.Jakarta : renika cipta
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 12/20/2022 (2)
- 11/30/2022 (1)