Kualitas Pelayanan KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS MANTRIJERON KOTA YOGYAKARTA
Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan PasienAbstrak
Kepuasan merupakan elemen yang penting dalam kegiatan evaluasi pada pelayanan di Puskesmas dengan mengukur respon pasien setelah penggunaan jasa. Pasien Puskesmas Mantrijeron merasa kurang nyaman pada waktu pelayanan yang diberikan dan capaian indeks kepuasan menunjukkan pada kategori cukup. Tentunya akan mempengaruhi kualitas pelayanan Puskesmas. Metode penelitian menggunakan kuantitatif secara crosseccsional dengan populasi 4.583 sebanyak secara accidental sampling dengan analis data regresi linier. Berdasarkan hasil uji regresi liner menunjukkan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien (p=0,000). Sehingga diketahui Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Mantrijeron, dengan dimensi reliability dan empathy sebagai faktor yang paling berpengaruh.
Referensi
Andri, R. (2020). Analisis pengaruh kualitas pelayanan (responsiveness, reliability, assurance, empathy, dan tangibles) terhadap kepuasan konsumen.
Ani, S., & Ai, S. S. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit āSā.
Ary, S. (2023). Tingkat kepuasan pengunjung puskesmas di Kota Yogyakarta studi berdasarkan review Google Maps.
Badan Pusat Jasa Statistik. (2020). Data kepuasan responden masyarakat di seluruh Indonesia.
Etik, P., Syadza, Z. J., & Haerdiansyah, M. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien.
Imran, Y., Yulihasri, A., & Yimmi, S. (2021). Dampak kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien puskesmas.
Jarliyah, H., & Nadiya, A. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien pada Rumah Sakit Umum Teuku Peukan Kabupaten Aceh Barat Daya.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2016 tentang standar pelayanan minimal bidang kesehatan.
Notoatmodjo, S. (2005). Metode penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sattar, M., Mihani, & Devi, S. W. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan konsumen pada CV Bahagia Samarinda.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Taufik. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Poncowati Kabupaten Lampung Tengah.
World Health Organization. (2021). Data tingkat kepuasan pasien rumah sakit di berbagai negara