INOVASI PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER CINTA TANAH AIR SISWA SMPI CIKAL HARAPAN I BSD
Kata Kunci:
inovasi PAI, cinta tanah air, pendidikan Islam, karakter siswaAbstrak
Penelitian ini fokus pada inovasi pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Islam Cikal Harapan I BSD dengan tujuan meningkatkan rasa cinta tanah air siswa. Pendekatan kualitatif digunakan melibatkan empat kelompok informan: guru PAI, orangtua siswa, siswa, dan kepala sekolah. Lokasi penelitian berada di SMP Islam Cikal Harapan I BSD. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Validasi data menggunakan triangulasi, sementara analisis data kualitatif dilakukan dengan pendekatan tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi PAI berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran yang memperkaya nilai-nilai cinta tanah air melalui integrasi dalam kurikulum, kegiatan keagamaan, dan metode pembelajaran.
Referensi
Abdi, G. P. (2020). Peranan pembelajaran sejarah untuk pembentukan karakter siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 802–815.
Aji, A. P., & Wangid, M. N. (2022). Kontribusi Pola Asuh Orang Tua pada Penanaman Karakter Cinta Tanah Air Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2718–2724.
Amal, M. K., & Faizin, K. (2023). Internalisasi Ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah Dalam Membentuk Karakter Cinta Tanah Air Pada Siswa Di MA Raudhatut Tholabah Genteng Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(2).
Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter membentuk karakter cinta tanah air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105–113.
Dewi, D. T., Ningsih, S. S., al Fathan, K. M., & Muqowim, M. (2022). Integrasi Ilmu Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14479–14485.
Humaidi, M. N., & Mukhlis, F. (2023). Pembinaan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Habituasi: Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Robbani Malang. TARLIM: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 6(2), 149–166.
Istifa, A. F., Bakri, M., & Sulistiono, M. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Atas Islam Nusantara. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 7(4), 89–97.
Istiyani, A. A., & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran Aswaja Sebagai Basis Kekuatan Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Di MI Ma’arif Sambeng Bantul Yogyakarta. Tarbiya Islamia: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 11(1), 36–53.
Laila, A. M., Hanif, M., & Hakim, D. M. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI CINTA TANAH AIR PADA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NADHATUL ULAMA. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 8(7), 98–107.
Maunah, B. (2015). Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1).
Meli, R. U. (2021). Penanaman Karakter Cinta Tanah Air bagi Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di SMA. Pijar: Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 6–11.
Munif, M. (2017). Strategi internalisasi nilai-nilai pai dalam membentuk karakter siswa. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–12.
OK, A. H., Al-Farabi, M., & Sanjaya, I. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Projek dalam Pembentukan Karakter Siswa SD IT Sekabupaten Aceh Tenggara. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 17(01).
Pramita, R. D., & Listyaningsih, L. (2022). Strategi Guru Ppkn Dalam Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air Untuk Mengantisipasi Gerakan Radikalisme Di Smp Islam Al A’la Loceret Nganjuk. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(3), 508–522.
Rodiana, M., & Sonia, N. R. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Membangun Karakter Cinta Tanah Air Siswa Melalui Program Budaya Nasionalis di SMKN 1 Ponorogo. Edumanagerial, 2(1), 64–77.
Saputri, P. Y., Prayitno, H. J., Kusumaningtyas, D. A., & Syaadah, H. (2023). Menumbuhkembangkan Karakter Cinta Tanah Air melalui Lomba Kemerdekaan pada Siswa Sanggar Bimbingan IKABA IMABA, Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 46–55.
Wahyuni, U. (2015). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SDN Jigudan Triharjo Pandak Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta