Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun dan Meningkatkan Mutu Sekolah Islam Cikal Harapan yang Berbudaya dan Berkualitas di Era Digital
Kata Kunci:
kepemimpinan kepala sekolah, mutu sekolah, budaya sekolah, era digitalAbstrak
Penelitian ini fokus pada peran kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun dan meningkatkan mutu Sekolah Islam Cikal Harapan yang berbudaya dan berkualitas di era digital. Pendekatan kualitatif digunakan dengan lima kelompok informan: guru, orang tua, siswa, kepala sekolah, dan tenaga kependidikan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan yang proaktif dan inovatif dalam memanfaatkan teknologi digital telah memberikan dampak positif dalam meningkatkan efisiensi administrasi, kualitas pembelajaran, dan keterlibatan orang tua dalam pendidikan. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya peran kepala sekolah sebagai agen perubahan dalam menghadapi tantangan dan peluang di era digital untuk mencapai mutu pendidikan yang berbudaya dan berkualitas.
Referensi
Adha, M. M., & Ulpa, E. P. (2021). Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Mengembangkan Karakter Anak/Peserta Didik Di Era Modern. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 90–100.
Amelia, U. (2023). Tantangan pembelajaran era society 5.0 dalam perspektif manajemen pendidikan. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68–82.
Bawon, J., Muttaqin, M. I., Tsaqila, Q., & Nisa, A. A. (2023). Kualitas Kinerja Kepemimpinan Kepala Sekolah:-. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 4(3), 194–201.
Budianto, A. A. (2023). Pentingnya Pendidikan Inklusif: Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Ramah Bagi Semua Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi, 1, 12–19.
Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85.
Izzah, N., Setianti, Y., & Tiara, O. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di Sekolah Inklusi. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 272–284.
Madaniyah, M., & Roza, E. (2024). Kurikulum Merdeka Belajar Dalam pandangan Perspektif Tujuan Pendidikan Islam. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(02), 915–926.
Mardizal, J., Anggriawan, F., Al Haddar, G., & Arifudin, O. (2023). Model Kepemimpinan Transformational, Visioner dan Authentic Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994–3003.
Nasir, M., Mahmudinata, A. A., Ulya, M., & Firdaus, F. A. (2023). Strategi Pemberdayaan Sekolah sebagai Upaya Peningkatan Manajemen Pendidikan. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 799–816.
Nur, M. H., & Sulastri, E. (2023). Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an: Menyongsong Masa Depan Yang Berkualitas. Maktabah Borneo, 2(1), 1–12.
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa SD Negeri Kohod III. PENSA, 3(2), 243–255.
Permatasari, F., Lestari, N. A., Christie, C. D. Y., & Suhaimi, I. (2023). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Kinerja Guru: Studi Meta Analisis. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 4(3), 923–944.
Puspasari, M. D. (2023). Penerapan Kepemimpinan Transformasional Dalam Pengelolaan Madrasah Modern. Refresh: Manjemen Pendidikan Islam, 1(2), 40–47.
Reto, R., Dau, Y. L. D., & Bria, F. M. U. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri Lotas Amanatun Utara. Selidik (Jurnal Seputar Penelitian Pendidikan Keagamaan), 4(1), 42–50.
Setiawan, D., Af, M. A., Aziz, F. M., Fajar, A., & Yurna, Y. (2023). Pandangan Filsafat Pendidikan Islam Terhadap Manusia Dan Masyarakat. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 52–63.
Solana, M. R., & Mustika, D. (2023). Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader dalam Pendidikan. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 406–418.
Yulianto, T., Siswanto, N. D., Indra, H., & Al-Kattani, A. H. (2024). Analisis Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pada Lembaga Pendidikan. RESLAJ: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(3), 1349–1358.
Zhahira, J., Shalahudin, S., & Jamilah, J. (2022). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Educational Research, 1(1), 85–100.