PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KOLABORATIF TEKNIK PROBLEM SOLVING

Penulis

  • Mugiyatmi

Kata Kunci:

Supervisi Akademik Kolaboratif, teknik problem solving, Penilaian Keterampilan

Abstrak

Profesionalisme seorang guru terlihat dari kompetensinya sebagai seorang guru yang terdiri dari kompetensi pedagogik, profesional, keperibadian dan sosial. Salah satu kompetensi profesional guru itu antara lain kemampuan guru dalam penilaian ketrampilan. Efektivitas pelaksanaaan kinerja profesional guru sangat bergantung pada kompetensi kepala sekolah dalam melakukan supervisi akademik. untuk mengatasi masalah rendahnya kompetensi profesional guru, maka diterapkan tindakan berupa supervisi yang belum pernah dilakukan sebelumnya yaitu supervisi akademik kolaboratif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik kolaboratif teknik problem solving untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam penilaian ketrampilan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian tindakan. Supervisi dilaksanakan dua siklus tindakan, setiap siklus tindakan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jenis tindakan yang digunakan adalah supervisi akademik kolaboratif teknik problem solving. Penelitian dilaksanakan mulai Januari-Maret 2020 berlokasi di SD Wojo Korwil Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Subjek penelitian adalah delapan guru SD Wojo. Objek Penelitian adalah kemampuan guru dalam melakukan penilaian keterampilan. Dampak yang diharapkan dalam tindakan penelitian tindakan ini adalah terjadi peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian keterampilan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan Supervisi berjalan baik, sesuai rencana. Adanya peningkatan pemahaman dan kemampuan guru tentang konsep dan cara penilaian keterampilan siswa. Disarankan kepada guru untuk terus aktif meningkatkan kemampuan dalam hal penilaian ketrampilan siswa. Bagi Kepala Sekolah, agar menjadikan supervisi akademik kolaboratif teknik problem solving menjadi salah satu kebijakan sekolah.

Referensi

Dwikurnaningsih, Y. and Hartana, N. (2018) ‘Supervisi Akademik Melalui Pendekatan Kolaboratif Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SD’, Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 34(2), pp. 101–111.

Giri, I.M.A. (2016) ‘Supervisi Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah’, Jurnal Penjaminan Mutu [Preprint]. Available at: http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/download/60/69.

H Cecep, et al (2021) Manajemen Supervisi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Hajaroh, S. and Adawiyah, R. (2018) ‘Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik’, Elmidad:Jurnal PGMI, 10(No. 2), pp. 131–152. Available at: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/778.

Harsiwulan, S.D. (2017) ‘Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengembangkan Silabus melalui Supervisi Akademik Kolaboratif di MI se-Kecamatan Semanu’, Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(1), pp. 49–59. Available at: http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/view/1431.

Jamila, J. (2019) ‘Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Kolaboratif (Studi Pada Pengawas Smp Dinas Pendidikan Kota Medan)’, Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan …, 1(1), pp. 26–36. Available at: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/3922%0Ahttp://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/viewFile/3922/3471.

Jokomarsono, W. (2015) ‘Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran’, Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 4(1), pp. 42–59.

Karmila, N. and Suchyadi, Y. (2020) ‘Supervisi Pendidikan Di Sekolah Alam Bogor’, JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), pp. 31–33. doi:10.33751/jppguseda.v3i1.2011.

Marwiyah, S., Kamid, K. and Risnita, R. (2015) ‘Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kreatif pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Materi Atom, Ion, dan Molekul SMP Islam Al Falah’, Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1). doi:10.22437/jmpmipa.v4i1.2365.

Naim, K. (2020) ‘Meningkatkan Kemampuan Guru Mata Pelajaran Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving: Upaya peningkatan kemampuan berfikir kritis Melalui Kegiatan Supervisi Akademik di SMA Negeri 1 Nunukan’, Phinisi Integration Review, 3(2), p. 316. doi:10.26858/pir.v3i2.16106.

Oktaviani.J (2018) ‘Supervisi Pendidikan Dalam Mewujudkan Tujuan Nasional Pendidikan Dan Meningkatkan Mutu Pendidikan’, inarxiv, 51(1), p. 51.

Simbolon, M. (2018) ‘Penerapan Pendekatan Supervisi Kolaboratif Untuk Meningkatkan Komepetensi Profesioal Guru di SD Negeri 10 Lumban Suhisuhi Keamatan Pangururan Kabupaten Samosir’, Majalah Ilmiah INTI, 6(1), pp. 350–356.

Sola, E. (2018) ‘Ada Apa Dengan Supervisi Pendidikan?’, Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), pp. 130–140. doi:10.24252/idaarah.v2i1.5406.

Solehudin, U. (2020) ‘Supervisi Kolaboratif dapat Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), p. 364. doi:10.23887/jippg.v3i2.29090.

Subakti, H., Haddar, G. Al and Orin, E.A. (2021) ‘Analisis Penilaian Keterampilan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Daring Kelas Tinggi Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5(5), pp. 3186–3195. Available at: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1300.

Supit, M. et al. (2021) ‘Analisis Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan’, LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), pp. 87–107. doi:10.35719/leaderia.v2i2.68.

Suryani, C. (2015) ‘Implementasi Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Min Sukadamai Kota Banda Aceh’, Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(1), p. 23. doi:10.22373/jid.v16i1.585.

Winaryati, E. (2018) ‘Penilaian Kompetensi Siswa Abad 21’, Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNISMUS 2018, 6(1), pp. 6–19. Available at: https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/viewFile/4070/3782.

Unduhan

Diterbitkan

06/02/2022

Cara Mengutip

Mugiyatmi. (2022). PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KOLABORATIF TEKNIK PROBLEM SOLVING. Jurnal Mitra, 1(2), 65–80. Diambil dari https://jurnal.mitrasmart.co.id/index.php/jm/article/view/3