Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 01/06/2024. Baca versi terbaru.

Pengaruh Model Structured Numbered Heads (SNH) Berbantuan LKPD dilengkapi Mind Map Terhadap Kompetensi Belajar Siswa

Penulis

  • Dwi Yarmalinda 2STKIP PGRI Papua
  • Muhamad Imron
  • Feliksitas Angel Masing

Kata Kunci:

Kata kunci: SNH, LKPD, Kompetensi Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 2 Serui yang terdaftar pada tahun pelajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling dan didapatkan kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol. instrumen yang digunakan berupa tes objektif dan lembar observasi. teknik analisis data untuk menguji hipotesis adalah uji-t, uji anava dua arah dan uji Mann Whitney U. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh beberapa kesimpulan, yaitu: kompetensi belajar ranah kognitf, afektif, dan psikomotor peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperative tipe Structured Numbered Heads (SNH) berbantuan LKPD yang dilengkapi Mind Map lebih baik daripada peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata Kemampuan Awal peserta didik kelas eksperimen 62,43 dengan kategori tinggi sedangkan kelas kontrol 61,36 dengan kategori rendah. Nilai rata-rata Kompetensi Ranah Kognitif kelas eksperimen 82,54 dengan jumlah peserta yang tuntas 25 orang dan yang belum tuntas 5 orang sedangkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 62,17 jumlah peserta didik yang tuntas 5 orang dan yang belum tuntas 25 orang. Nilai rata-rata Kompetensi Ranah afektif kelas eksperimen 88,08 dengan kategori baik sedangkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 62,87 dengan kategori kurang. Nilai rata-rata Kompetensi Ranah Psikomotor kelas eksperimen 89,24 dengan kategori baik sedangkan kelas kontrol 64,81 dengan kategori kurang. Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal peserta didik dalam mempengaruhi kompetensi belajar ranah kognitif peserta didik.

 

Referensi

Akbarovna, A. S. (2022). Inclusive education and its essence. International Journal of Social Science & Interdisciplinary Research ISSN: 2277-3630 Impact Factor: 7.429, 11(01), 248–254.

Boveda, M., Reyes, G., & Aronson, B. (2023). Disciplined to access the general education curriculum: Girls of color, disabilities, and specialized education programming. In Disability as Meta Curriculum (pp. 49–69). Routledge.

Byrne, B. (2022). How inclusive is the right to inclusive education? An assessment of the UN convention on the rights of persons with disabilities’ concluding observations. International Journal of Inclusive Education, 26(3), 301–318.

Francisco, M. P. B., Hartman, M., & Wang, Y. (2020). Inclusion and special education. Education Sciences, 10(9), 238.

Irawati, S. A. (2023). Sekolah Inklusi antara Kenyataan dan Realita. … : Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 03(June), 354–362. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas/article/view/1979

Jendro. (2023). Penerapan Johari Window Dalam Meningkatkan Pemahaman Diri Siswa . Jurnal Mitra, 2(2 SE-Artikel). http://jurnal.mitrasmart.co.id/index.php/jm/article/view/48

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI. (2022). Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia. Siaran Pers Nomor: 16/HUMAS PMK/I/2022, 2021.

Komariah, N., & Nihayah, I. (2023). Improving The Personality Character of Students Through Learning Islamic Religious Education. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(1), 65–77.

Moberg, S., Muta, E., Korenaga, K., Kuorelahti, M., & Savolainen, H. (2020). Struggling for inclusive education in Japan and Finland: teachers’ attitudes towards inclusive education. European Journal of Special Needs Education, 35(1), 100–114.

Mubaraq, Z. (2021). Model Of Disability Learning in Islamic Education at Inclusive School Malang, Indonesia. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 5388–5392.

Mugiyatmi. (2022). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Melalui Supervisi Akademik Kolaboratif Teknik Problem Solving. Jurnal Mitra, 1(2 SE-Artikel), 65–80. http://jurnal.mitrasmart.co.id/index.php/jm/article/view/3

Prasetiyo, W. H., Ishak, N. A., Basit, A., Dewantara, J. A., Hidayat, O. T., Casmana, A. R., & Muhibbin, A. (2020). Caring for the environment in an inclusive school: The Adiwiyata Green School program in Indonesia. Issues in Educational Research, 30(3), 1040–1057.

Pratama, F. I. P., Kristiyanto, A., & Widyastono, H. (2021). Character values of third grade slow learner in character education at the inclusive elementary school. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(2), 345–352.

Putranto, A., & Prahastiwi, E. D. (2023). Islamic religious character in inclusive education and its contribution to various characteristics of children with special needs. Journal of Interdisciplinary Islamic Studies, 2(1), 1–7.

Shohibah, R., & Biyanto, B. (2020). Islamic religious education learning model to build character of students in special needs school. International Journal on Integrated Education, 3(1), 201–204.

Siregar, V. Y. (2022). Integration of the Fitrah Concept with the Role of Islamic Religious Education Teachers in Fostering the Character of Children with Disabilities at SLB ABC TPI Medan. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(2), 440–449.

Sulistiyanti, F. (2022). Peningkatkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Penilaian Sikap Melalui Supervisi Akademik Kelompok Teknik Diskusi. Jurnal Mitra, 1(2 Se-Artikel), 19–30. Http://Jurnal.Mitrasmart.Co.Id/Index.Php/Jm/Article/View/4

Sutejo, E., Nurdin, N., & Syahid, A. (2021). The Implementation Of Islamic Education In Building Preprimary Disabled Students Character. International Journal Of Contemporary Islamic Education, 3(2), 41–58.

Szumski, G., Smogorzewska, J., & Grygiel, P. (2020). Attitudes Of Students Toward People With Disabilities, Moral Identity And Inclusive Education—A Two-Level Analysis. Research In Developmental Disabilities, 102, 103685.

Wahab, W., Taruna, M., & Muntakhib, A. (2021). How To Build Students’ Characters Based On Child-Friendly Education (Collaboration Study Of Man 2 Yogyakarta With Ainul Yaqin Islamic Boarding School Gunungkidul). Proceedings Of The 2nd International Conference On Religion And Education, Incre 2020, 11-12 November 2020, Jakarta, Indonesia.

Wahyudi, A., & Huda, M. (2019). Internalization Of Islamic Values For Students With Special Needs In Special School Education Institutions (Slb). Al-Hayat: Journal Of Islamic Education, 3(1), 90–97.

Wahyuningsih, S. (2016). Inclusive Education For Persons With Disabilities: The Islamic Perspective. Qijis (Qudus International Journal Of Islamic Studies), 4(1), 1–18.

Zulela, M. S., Neolaka, A., Iasha, V., & Setiawan, B. (2022). How Is The Education Character Implemented? The Case Study In Indonesian Elementary School. Journal Of Educational And Social Research, 12(1), 371.

Unduhan

Diterbitkan

01/06/2024

Versi

Cara Mengutip

Yarmalinda, D., Imron, M. ., & Masing , F. A. . (2024). Pengaruh Model Structured Numbered Heads (SNH) Berbantuan LKPD dilengkapi Mind Map Terhadap Kompetensi Belajar Siswa. Jurnal Mitra, 2(3). Diambil dari https://jurnal.mitrasmart.co.id/index.php/jm/article/view/68