PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP KOMPETENSI BELAJAR SISWA

Penulis

  • Muhamad Imron STKIP PGRI Papua
  • Dwi Yarmalinda STKIP PGRI Papua
  • Toroziduhu Waruwu Universitas Nias

Kata Kunci:

TGT, Kemampuan Awal, Kompetensi Belajar Siswa

Abstrak

Penelitian ini diawali oleh kompetensi belajar biologi siswa yang masih relatif rendah. Hal ini terjadi karena guru belum menggunakan model pembelajaran kooperatif dan guru tidak memperhatikan kemampuan awal siswa dalam pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan mempertimbangkan kemampuan awal siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap kompetensi belajar dengan mempertimbangkan kemampuan awal siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA YPK Penabur Serui yang terdaftar pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas XI  IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan berupa tes objektif dan lembar observasi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis adalah uji-t, uji anava dua arah dan uji Mann Whitney U.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh beberapa kesimpulan, yaitu: kompetensi belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; kompetensi belajar ranah kognitif siswa berkemampuan awal tinggi dan rendah yang  mengikuti  model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa dalam mempengaruhi kompetensi belajar ranah kognitif siswa.

 

Referensi

Agung, A., Putra, N., & Adnyana, I. W. Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik passing bola voli. Jurnal Pendidikan Kesehatan Reekreasi, 2022. 7(1), 141–149.

Ali, I. Pembelajaran Kooperatif (Cooperative learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 2021. 7(01), 247-264.

Amrin, S., I Made, S., & Happy, A. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Cara Sengkedan dan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor dan Kelipatan, Indonesian Gender and Society Journal, 2020. 1(1), 29-34.

Apriliani, U., & Rahmawati, D. Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) berbantu fun accounting berbasis lectora untuk meningkatkan hasil belajar kompetensi jurnal penyesuaian siswa kelas x akl 2 smk negeri 7 yogyakarta tahun ajaran 2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2020. 2 (16), 10-14.

Armidi, N. L. S.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 2022. 6(2), 20-25.

Bella, K., Mawardi. Meta Analisis Efektifitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Sekolah Dasar. 2020. 4(4)

Domu, I., & Mangelep, N. O. The Development of Students’ Learning Material on Arithmatic Sequence Using PMRI Approach. In International Joint Conference on Scienceand Engineering (IJCSE 2020) (pp. 426-432). Atlantis Press.

Mangelep, N., Sulistyaningsih, M., & Sambuaga, T. Perancangan Pembelajaran Trigonometri Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 2020. 8(2), 127-132.

Novita, C. M., Santje, M. S., Murni, S. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar. 2022. 1 (12), 29- 38.

Saadjad, D. Y. Pengaruh Model Pembelajaran TGT Melalui Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa MTs Negeri 1 Luwuk. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2021. 5(1), 63-72.

Sarbunan, M., Tamaela, I. C., & Akihary, W. Hubungan Kerja Kelompok Dengan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman. J-EDu: Journal Erfolgreicher Deutschunterricht, 2021 1(2), 83-89.

Setianingrum, I., & Azizah, N. Teams games tournament untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2022. 6(1), 315–327.

Suryabrata, S. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Tiwow, D., Wongkar, V., Mangelep, N. O., & Lomban, E. A. Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 2022. 4(2), 107-122.

Unduhan

Diterbitkan

01/06/2024 — Diperbaharui pada 03/14/2024

Versi

Cara Mengutip

Imron, M., Yarmalinda, D., & Waruwu, T. . (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP KOMPETENSI BELAJAR SISWA. Jurnal Mitra, 2(3). Diambil dari https://jurnal.mitrasmart.co.id/index.php/jm/article/view/69 (Original work published 6 Januari 2024)

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama