PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG SISWA DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM AL AZHAR KARANGANYAR
Kata Kunci:
layanan perpustakaan, kepuasan pengguna, minat membaca siswa, ketersediaan koleksi, keramahan petugasAbstrak
Penelitian ini didasarkan pada kebutuhan untuk meningkatkan minat membaca dan pembelajaran siswa melalui peningkatan kualitas layanan perpustakaan di lingkungan sekolah menengah pertama. Perpustakaan di sekolah memiliki peran krusial dalam memperluas pengetahuan siswa dan merangsang minat membaca. Dalam konteks ini, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengukur hubungan antara kualitas layanan perpustakaan dengan kepuasan pengguna di sebuah sekolah menengah pertama Islam Al Azhar Karanganyar. Desain penelitian korelasi kuantitatif ini melibatkan sampel sebanyak 227 siswa dari sekolah menengah pertama Islam Al Azhar Karanganyar. Data dikumpulkan menggunakan analisis deskriptif dan bivariat, dengan fokus pada analisis Spearman's Rank Correlation untuk mengevaluasi hubungan antara kualitas layanan perpustakaan (termasuk kebersihan perpustakaan, ketersediaan koleksi, keramahan petugas, serta fasilitas dan kondisi ruang baca) dan kepuasan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan perpustakaan, termasuk kebersihan, ketersediaan koleksi, keramahan petugas, serta fasilitas ruang baca, secara signifikan memengaruhi kepuasan pengguna.
Referensi
Alpian, A., & Ruwaida, H. (2022). Pengoptimalan peran perpustakaan sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1610–1617.
Arsita, D. A., & Nurwidawati, D. (2016). Hubungan kepuasan layanan perpustakaan dengan minat kunjungan siswa ke perpustakaan SMA Negeri 3 Kota Mojokerto. Jurnal Pendidikan, 4.
Dinihari, Y., & Ati, A. P. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kecepattanggapan terhadap Minat Baca Siswa SD. Jurnal Basicedu, 3(4), 2095–2100.
Faizah, S. N., & Sutomo, M. (2021). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PEMANFAATAN KOLEKSI BUKU TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI PADA PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 6 SIGI. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 7(3), 237–247.
Fernadi, M. F. (2022). Peran Maksimal Perpustakaan Sebagai Media Pendidikan Bagi Siswa. Journal of Islamic Education and Learning, 2(1), 95–104.
Fitriyani, E., & Pramusinto, H. (2018). Pengaruh fasilitas perpustakaan, kualitas pelayanan, dan kinerja pustakawan terhadap minat berkunjung masyarakat. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 585–595.
Irwiansyah, M. B. (2018). Hubungan tingkat kualitas pelayanan dengan tingkat minat baca di perpustakaan UMG pada mahasiswa. Psikosains: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi, 10(2), 105–116.
Mahmudah, S., & Widyastuti, W. (2022). PERANCANGAN STRATEGI PENINGKATAN SERVICE QUALITY PERPUSTAKAAN (STUDY KASUS PERPUSTAKAAN MIBS KEBUMEN). Jurnal Inovasi Teknik Industri, 1(1), 10–17.
Muhali, M. (2018). Arah Pengembangan Pendidikan Masa Kini Menurut Perspektif Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala.
Nurhayati, A. (2018). Perkembangan perpustakaan dalam pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat. UNILIB: Jurnal Perpustakaan, 23–34.
Permana, T. I., Suwono, H., & Listyorini, D. (2016). Analisis awal literasi kesehatan siswa SMA kelas XI MIA di Kabupaten Malang. Proc. Seminar Nasional II, 430–434.
Roesminingsih, E. (2020). Layanan dan Fasilitas Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 389–400.
Srizalni, N., & Irianto, A. (2023). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Tata Ruang Dan Persepsi Siswa Tentang Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ke Perpustakaan. Jurnal Salingka Nagari, 2(1), 320–331.
Syafri, S. N., & Marlini, M. (2023). Kualitas Layanan Perpustakaan terhadap Minat Kunjung Siswa di Perpustakaan UPT SMP Negeri 6 Lembah Gumanti. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 14748–14753.
Tambunan, H. (2010). Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Suatu Tawaran Pembelajaran Masa Kini Dan Masa Yang Akan Datang. Jurnal Generasi Kampus, 3(02), 92–114.
Widjawati, N. N. K., & Aditya, T. (2020). Service Quality Perpustakaan Sma Daan Mogot. Jurnal MoZaiK, 12(2), 49–57.
Yois, N. P., & Marlini, M. (2020). Sumber Daya Akses perpustakaan digital pada masa pandemi corona. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 4(2), 218–222.
Zohriah, A. (2017). Manajemen Perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 2(01), 11–22.
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 10/25/2024 (2)
- 10/20/2023 (1)