OPTIMASI PENGGUNAAN JOB SHEET DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN SISWA

Penulis

  • Kirso SMKN 2 Purbalingga

Kata Kunci:

job sheet, ketrampilan siswa, siswa SMK, praktikum.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untukmengetahui efektivitas job sheet dalam upaya peningkatan ketrampilan siswa belajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research).Penelitian ini dilaksanakan pada bulan 1 Juli s/d 30 September 2022 di SMKN 2 Purbalingga, Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKRO2 semester Ganjil pada SMKN 2 Purbalingga, dengan jumlah siswa keseluruhan 35, yang terdiri dari 29 orang siswa   laki-laki dan 6 perempuan. Data yang akan dikumpulkan terdiri dari satu jenis data, yaitu data tentang aktivitas pembelajaran dengan unjuk kerja (praktek) berbentuk report sheet (hasil kerja) siswa, yang diambil satu kali pada setiap siklus. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus, tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, analisis, dan refleksi. Berdasarkan hasil penilaian, Hasil siklus I dibandingkan dengan siklus II menunjukkan adanya kenaikan rata-rata keterampilan sebesar6,206 yaitu dari 73,941 menjadi 80,147 dan kenaikan persentase ketuntasan 11,765 % yaitu dari 82,353 % menjadi  94,118%. Kesimpulan: Penggunaan Lembar Kerja (Job Sheet) perwatan sistem utama engine cukup efektif untuk meningkatkan nilai ketrampilan praktek siswa

Referensi

Aminudin. 2011. Penelitian Tindakan Kelas : Disiplin Praktekum Siswa dan Penguasaan Kompetensi Dalam Job Sheet Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Poros Penggerak Pada Siswa Kelas XI Semester IV Teknik Otomotif SMK Islamiyah Adiwerna Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Tegal. doditaku.blogspot.com. Andi Harnita. Pengertian Disiplin, Kinerja. 24 Februari 2018. http://ilmuseni.com.

Kemedibud. 2016. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Kemendikbud.

Kemedibud. 2016. Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Kemendikbud.

Aminudin. 2011. Penelitian Tindakan Kelas : Disiplin Praktekum Siswa dan Penguasaan Kompetensi Dalam Job Sheet Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Poros Penggerak Pada Siswa Kelas XI Semester IV Teknik Otomotif SMK Islamiyah Adiwerna Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Tegal.

Reeve, J. (2012). Motivation: Theory and research. John Wiley & Sons.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The "what" and "why" of goal pursuits: Human needs and the self-determination of behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227-268.

Pintrich, P. R., & Schunk, D. H. (2002). Motivation in education: Theory, research, and applications. Prentice Hall.

Vallerand, R. J., Pelletier, L. G., Blais, M. R., Brière, N. M., Senécal, C., & Vallières, E. F. (1992). The academic motivation scale: A measure of intrinsic, extrinsic, and amotivation in education. Educational and Psychological Measurement, 52(4), 1003-1017.

Wigfield, A., & Eccles, J. S. (2000). Expectancy-value theory of achievement motivation. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 68-81.

Guthrie, J. T., Wigfield, A., & You, W. (2012). Instructional contexts for engagement and achievement in reading. In S. L. Christenson, A. L. Reschly, & C. Wylie (Eds.), Handbook of research on student engagement (pp. 601-634). Springer.

Harackiewicz, J. M., Durik, A. M., Barron, K. E., Linnenbrink-Garcia, L., & Tauer, J. M. (2008). The role of achievement goals in the development of interest: Reciprocal relations between achievement goals, interest, and performance. Journal of Educational Psychology, 100(1), 105-122.

Hidi, S., & Renninger, K. A. (2006). The four-phase model of interest development. Educational Psychologist, 41(2), 111-127.

Unduhan

Diterbitkan

09/27/2023

Cara Mengutip

Kirso. (2023). OPTIMASI PENGGUNAAN JOB SHEET DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN SISWA. Jurnal Mitra, 2(2). Diambil dari https://jurnal.mitrasmart.co.id/index.php/jm/article/view/49