PENERAPAN JOHARI WINDOW DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIRI SISWA

Penulis

  • Jendro SMK Negeri 2 Purbalingga

Kata Kunci:

Johari Window, pemahaman diri, konseling, peningkatan, dua siklus.

Abstrak

Pemahaman diri memegang peran penting dalam perkembangan pribadi dan akademik siswa di lingkungan pendidikan. Kemampuan siswa untuk mengidentifikasi potensi, kekuatan, dan kelemahan mereka serta berinteraksi dengan orang lain sangat berpengaruh pada perkembangan pribadi, kinerja akademik, dan kemampuan beradaptasi di sekolah. Pemahaman diri yang kuat membantu siswa mengatasi berbagai tantangan yang mereka hadapi selama proses belajar-mengajar. Dalam rangka memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa SMK N 2 Purbalingga, Guru Bimbingan Konseling (BK) menghadapi beberapa permasalahan, termasuk siswa yang mudah terpengaruh oleh teman sekelasnya, ketidakmampuan siswa dalam menghadapi masalah, dan keengganan siswa untuk menghadapi tanggung jawab mereka. Hasil observasi dan sesi konseling awal di kelas X AP 1 menunjukkan adanya siswa yang mengalami masalah emosional, seperti kurangnya rasa percaya diri, perasaan takut, dan kurang semangat, yang berdampak negatif pada kualitas proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan penerapan teknik Johari Window dalam membantu siswa memahami diri mereka sendiri dengan lebih baik. Metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research atau CAR) digunakan dalam penelitian ini dengan dua siklus dan empat kegiatan utama dalam setiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Johari Window efektif dalam meningkatkan pemahaman diri siswa, dengan sebagian besar siswa mencapai tingkat pemahaman yang baik setelah siklus kedua. Dengan demikian, pendekatan ini dapat membantu siswa menghadapi tantangan akademik dan sosial dengan lebih percaya diri dan efektif, serta memaksimalkan potensi mereka di lingkungan sekolah. Melalui upaya pemantauan dan dukungan lanjutan, siswa-siswa ini memiliki peluang yang baik untuk sukses di masa depan.

Referensi

Ashri, K. (2022). Upaya Meningkatkan Keterbukaan Diri dengan Menggunakan Teknik Johari Window dalam Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas IX. 2 MTSn 8 Kampar TP. 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 555–565.

Azmi, M., & Amelasasih, P. (2023). Peningkatan Keterbukaan Diri Melalui Teknik Johari Window pada Siswa Kelas X-TPM SMK Karya Bhakti Gresik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 28–34.

Indrawati, D. (2021). Penerapan Metode Permainan Johari Window untuk Meningkatkan Pemahaman tentang Konsep Diri dalam Layanan Klasikal. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 3(1), 11–24.

Kartini, Y., Anggriana, T. M., & Sofiah, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Menjaga Pertemanan melalui Bimbingan Kelompok Teknik Johari Window. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 43–50.

Mugiyatmi. (2023). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. Jurnal Mitra, 2(01 SE-Artikel). http://jurnal.mitrasmart.co.id/index.php/jm/article/view/33

Rosida, H. N., Fitriana, S., & Ismah, I. (2019). Pengaruh Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Johari Window Untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Dalam Komunikasi Antar Teman Sebaya Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Rembang. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(2), 45–53.

sabila Ishmah, J., Laily, N., & Wicaksono, A. S. (2022). Implementation Johari Window Technique With Intervention Individual Counseling (Client Centered Counseling) For Growth Of Self-Acceptance In Vocational High School X In Gresik. Psycho Holistic, 4(2), 71–78.

Suhendi, E., Hadiwinarto, H., & Sinthia, R. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Johari Window Terhadap Peningkatan Pemahaman Diriremaja Islam Masjid. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 100–109.

Suryani, I., & Siregar, M. S. (2020). Pendekatan Teknik Johari Window dalam Menangani Kesulitan Belajar Siswa Di SMP Al-Hidayah Medan. AL-IRSYAD: JURNAL PENDIDIKAN DAN KONSELING, 10(1), 62–69.

Wahyuni, I. (2022). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWING MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI, KERJA SAMA, DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Mitra, 1(1 SE-Artikel), 45–60. http://jurnal.mitrasmart.co.id/index.php/jm/article/view/5

Wasiyati. (2023). MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DUA ARAH PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Mitra, 2(01 SE-Artikel). http://jurnal.mitrasmart.co.id/index.php/jm/article/view/32

Unduhan

Diterbitkan

09/14/2023 — Diperbaharui pada 09/14/2023

Versi

Cara Mengutip

Jendro. (2023). PENERAPAN JOHARI WINDOW DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIRI SISWA . Jurnal Mitra, 2(2). Diambil dari https://jurnal.mitrasmart.co.id/index.php/jm/article/view/48