MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWING MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI, KERJA SAMA, DAN HASIL BELAJAR SISWA

Penulis

  • Indri Wahyuni

Kata Kunci:

snowball throwing, Kerjasama, Hasil Belajar

Abstrak

Pencapaian hasil belajar siswa sangat ditentukan oleh kemampuan guru mengemas metode pembelajaran. Terdapat beberapa macam metode pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan karakter siswa, salah satunya snowball throwing. Hasil belajar siswa ditentukan beberapa faktor pendukung, di antaranya kepercayaan diri dan kerja sama.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode snowballthrowing terhadap hasil belajar, kepercayaan diri, dan kerja sama siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian tindakan. Intervensi pembelajaran dilaksanakan dua siklus tindakan, setiap siklus tindakan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jenis tindakan yang digunakan adalah pembelajaran kolaboratif dengan metode snowball throwing. Penelitian dilaksanakan mulai Desember 2014-April 2015 berlokasi di SMKN I Bukateja, Purbalingga. Subjek penelitian adalah siswa SMKN I Bukateja kelas V. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika materi usaha. Dampak yang diharapkan dalam tindakan penelitian tindakan ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar, rasa percaya diri, dan tingkat kerja sama siswa. Indikator penelitian adalah nilai hasil belajar di atas KKM. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan intervensi berjalan baik, sesuai rencana, dan nilai tes siswa memenuhi skor indikator. Disarankan kepada guru untuk terus aktif meningkatkan kemampuan dalam hal merancang berbagai metode pembelajaran sesuai dengan karakter siswa.

Referensi

Adelina, S. and Rosy, B. (2020) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X Otkp di SMK Negeri 2 Tuban’, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(2), pp. 252–260. Available at: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8255.

Alamuddin, A. and Munawaroh, M. (2014) ‘Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pokok Bahasan Relasi Dan Fungsi’, Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2). doi:10.24235/eduma.v3i2.62.

Alfiah, Y. and Arigiyati, T.A. (2015) ‘Efektivitas Model Pembelajaran Snowball Throwing Melalui Pemanfaatan Prized Chart Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp N 11 Yogyakarta’, UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), pp. 221–226. doi:10.30738/.v3i2.305.

Avcarina, N.I., Pudjawan, K. and Ujianti, P.R. (2019) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Kerjasama Kelompok B Gugus Vi Kecamatan Buleleng’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), pp. 150–160.

Azizah, L.F. (2010) ‘Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Tunarungu Ditinjau Dari Efikasi Diri Akademik’, Jurnal Autentik, 2(1), pp. 46–56.

Firdaus, A.M. (2016) ‘Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing’, Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(1), p. 61. doi:10.20414/betajtm.v9i1.1.

Hasanah, E.N., Busnawir, B. and Ndia, L. (2021) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa’, Jurnal Amal Pendidikan, 2(2), p. 160. doi:10.36709/japend.v2i2.19565.

Jita Apsari, N.P., Dibia, I.K. and Antara, P.A. (2019) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Ips’, Mimbar Ilmu, 24(3), p. 354. doi:10.23887/mi.v24i3.21677.

Nirmala, E. (2020) ‘Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Metode Snowball Throwing pada Mata Pelajaran Ekonomi’, Jurnal Education FKIP UNMA, 6(1), pp. 154–161.

Novianti, I., Darminto, B.P. and Purwoko, R.Y. (2018) ‘Penerapan model snowball throwing terhadap pemecahan masalah ditinjau dari self efficacy’, Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, pp. 80–81.

Priyastuti, K.E. (2021) ‘Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Snowball Throwing’, Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), pp. 92–100. doi:10.31316/jk.v5i1.1400.

Putri, E.Z. and Ekohariadi, E. (2021) ‘Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Chamilo Terhadap Hasil Belajar Siswa’, IT-Edu: Jurnal Information Technology … [Preprint]. Available at: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/45092.

Siregar, N. and Siregar, N.F. (2020) ‘Pengaruh Metode Snowball Throwing Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMAN 4 Padangsidimpuan’, Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan …, 08(02), pp. 213–222. Available at: http://194.31.53.129/index.php/DI/article/view/3199%0Ahttp://194.31.53.129/index.php/DI/article/download/3199/2324.

Supandi, A. (2018) ‘Penerapan Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Attaqwa Kabupaten Bekasi’, Wacana Didaktika, 6(01), pp. 68–75. doi:10.31102/wacanadidaktika.6.01.68-75.

Widiyanto, S. and Ati, A.P. (2019) ‘Pengaruh Metode Snow Ball Throwing Dan Minat Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Kalimat Argumen Siswa SMK Insan Mulia Kota Bekasi’, Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 7(November), pp. 36–46. Available at: https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/1803.

Unduhan

Diterbitkan

06/02/2022

Cara Mengutip

Wahyuni, I. (2022). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWING MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI, KERJA SAMA, DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Mitra, 1(2), 45–60. Diambil dari https://jurnal.mitrasmart.co.id/index.php/jm/article/view/5