ANALISIS KUALITAS PEMBELAJARAN ONLINE PADA MAHASISWA DI MASA COVID19

Penulis

  • Mahfud Edy Widiatmoko Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II

Kata Kunci:

Kualitas Pembelajaran, Perkuliahan Online, Covid-19

Abstrak

Pembelajaran online merupakan metode belajar pada suatu institusi pendidikan yang melibatkan tenaga pendidik, mahasiswa serta didukung sarana dan prasana untuk mencapai tujuan pendidikan. Keberhasilan suatu proses pembelajaran di tentukan oleh tercapainya kualitas pembelajaran yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Tahun 2021 pembelajaran dilaksanakan secara online sebagai salah bentuk pencegahan penyebaran penyakit karena adanya pandemi covid-19. Tantangan metode ini cukup signifikan dalam mencapai kualitas pendidikan yang baik, salah satu contohnya stabilitas jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan faktor yang kurang optimal dalam pembelajaran online dan menganalisis hubungan antara pembelajaran online terhadap capaian pembelajaran. Metode penelitian ini adalah kuantitatif bersifat deskriptif yang menggambarkan tentang kualitas pembelajaran mahasiswa. Hasil dan pembahasan penelitian bahwa berdasarkan uji korelasi Pearson penerapan pembelajaran online berpengaruh terhadap variable sikap, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dengan nilai p-value 0,00≤0,05 dan dengan hubungan korelasi di antara 0,041-0,60 yang artinya berhubungan kategori sedang. Kesimpulan : Faktor yang memiliki nilai rendah dalam pembelajaran daring yaitu pada stabilitas jaringan internet, mahasiswa dalam mencari lokasi dengan suasana lingkungan yang tenang, kemampuan mahasiswa dalam memahami materi dan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis hasil praktikum dan berdasarkan uji Pearson dinyatakan ada hubungan pembelajaran online terhadap kualitas mahasiswa meliputi aspek capaian pembelajaran yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan

Referensi

Aeni, N. (2021) ‘Pandemi COVID-19: Dampak Kesehatan, Ekonomi, & Sosial’, Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK, 17(1), pp. 17–34. doi: 10.33658/jl.v17i1.249.

Ainun Na’im (2020) ‘Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)’, Hukum online, 21(1), pp. 1–9.

Amrullah (2022) ‘Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Jambi Angkatan 2018’, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, (8.5.2017), pp. 2003–2005. Available at: www.aging-us.com.

Anugrahana, A. (2020) ‘Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar’, Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), pp. 282–289. doi: 10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Argaheni, N. B. (2020) ‘Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia’, PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8(2), p. 99. doi: 10.20961/placentum.v8i2.43008.

Basuki, I., Sahab, D. and NE, B. (2021) ‘Penerapan Pembelajaran Online Terhadap Capaian Pembelajaran Dipengaruhi Budaya Belajar’, Profetika: Jurnal Studi Islam, 23(1), pp. 76–85. doi: 10.23917/profetika.v23i1.16795.

Dewi, R. et al. (2020) ‘Optimalisasi Capaian Pembelajaran Matakuliah Berbasis Pemrograman Melalui Media E-Learning’, Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 18(1), p. 140. doi: 10.24014/sitekin.v18i1.11628.

Dian Wahyuni (2020) ‘Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19)’, Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri, 1(5), p. 2.

Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi (2021) ‘Implementasi Kurikulum Pendidikan Tinggi’, Jurnal LinguArt, VI, pp. 1–12.

Elyas, A. H. (2018) ‘Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran’, Jurnal Warta, 56(04), pp. 1–11.

Imas Setiyawan et al. (2022) ‘Pengaruh pembelajaran daringterhadap hasil belajarsiswadi mi. darussalam pagesangan surabaya’, pengaruh pembelajaran daringterhadap hasil belajarsiswadi mi. darussalam pagesangan surabaya, 5(2), pp. 9–15.

Khofifah, E. N. and Zuhriyah, A. (2021) ‘Perbedaan Capaian Pembelajaran dengan Platform Online antara Aplikasi Zoom dan Video Pembelajaran’, pp. 158–163.

Mahardika, I. M. N. O. (2021) ‘Analisis Kualitas Pembelajaran Mahasiswa Di Masa Pandemi’, Pintu : Pusat Penjamin Mutu, 2(2).

Setyosari, P. (2014) ‘Menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas punaji setyosari jurusan teknologi pendidikan , fakultas ilmu pendidikan , universitas negeri malang jl . semarang no . 5 malang jawa timur 65145 creating the effective and the quality of the learnING’, Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), pp. 20–30.

Siahaan, M. (2020) ‘Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan’, Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), pp. 73–80. doi: 10.31599/jki.v1i1.265.

Sijabat, O. P. et al. (2021) ‘Pengaruh Strategi Pembelajaran Online Terhadap Capaian Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sd Negeri 122358 Pematangsiantar’, Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2), pp. 214–229. doi: 10.54367/aquinas.v4i2.1233.

Sinaga, D. et al. (2022) ‘… Covid-19 terhadap Kualitas Pembelajaran Daring di Universitas HKBP Nommensen Medan (Pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan …’, … Pendidikan …, 9(1), pp. 33–40.

Titi, L. and Sumarni, W. (2020) ‘Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19’.

Unduhan

Diterbitkan

01/31/2024

Cara Mengutip

Edy Widiatmoko, M. (2024). ANALISIS KUALITAS PEMBELAJARAN ONLINE PADA MAHASISWA DI MASA COVID19. Jurnal Mitra, 3(01). Diambil dari https://jurnal.mitrasmart.co.id/index.php/jm/article/view/91