TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI PLOTTING RADAR SISWA SMK

Penulis

  • Eko Prasetyo Hadi SMKN 1 Sanden

Kata Kunci:

Tutor Sebaya, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Inovatif, Plotting Radar.

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dengan mengidentifikasi peran penting motivasi dalam pembelajaran melalui metode tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan lokasi di kelas XI NKPI dan dilaksanakan selama dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI NKPI. Data motivasi belajar dan hasil belajar siswa diambil menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data kemudian diolah secara deskriptif. Hasil observasi menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I pertemuan ke-1 sebesar 74,17% menjadi 78,33% pada pertemuan ke-2. Pada siklus II, motivasi belajar meningkat menjadi 81,87% pada pertemuan ke-1 dan 83,75% pada pertemuan ke-2. Hasil ketuntasan belajar klasikal pada siklus I mencapai 72,22%, yang meningkat menjadi 82,81% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode tutor sebaya efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi "Plotting Radar" di kelas XI NKPI. Diperlukan penelitian lebih lanjut dengan sampel yang lebih representatif untuk memperluas generalisasi temuan

 

Referensi

Abdelrahman, Rasha M. 2020. “Metacognitive Awareness and Academic Motivation and Their Impact on Academic Achievement of Ajman University Students.” Heliyon 6(9).

Alegre, Francisco, Lidón Moliner, Ana Maroto, and Gil Lorenzo-Valentin. 2020. “Academic Achievement and Peer Tutoring in Mathematics: A Comparison between Primary and Secondary Education.” Sage Open 10(2):2158244020929295.

Arco-Tirado, José L., Francisco D. Fernandez-Martin, and Miriam Hervas-Torres. 2020. “Evidence-Based Peer-Tutoring Program to Improve Students’ Performance at the University.” Studies in Higher Education 45(11):2190–2202.

Canals, Laia. 2020. “The Effects of Virtual Exchanges on Oral Skills and Motivation.”

Carvalho, Ana Raquel, and Carlos Santos. 2022. “Developing Peer Mentors’ Collaborative and Metacognitive Skills with a Technology-Enhanced Peer Learning Program.” Computers and Education Open 3:100070.

Dinamikawati, Dinamikawati. 2021. “Penerapan Metode Tutorial Sebaya Dalam Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa: Application Of Peer-To-Peer Tutorial Methods In Social Studies Learning To Improve Motivation And Learning Outcomes Students.” Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 7(1):10–21.

Graciani Hidajat, Helga, Fattah Hanurawan, Tutut Chusniyah, and Hetti Rahmawati. 2020. “Why I’m Bored in Learning? Exploration of Students’ Academic Motivation.” International Journal of Instruction 13(3):119–36.

hasibuan, andara. 2023. “Supervisi Klinis Bagi Guru Untuk Meningkatkan Kemampuan Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar.” Jurnal Mitra 2(01 SE-Artikel).

Hidayati, Sri. 2015. “Pembelajaran Kooperatif Dengan Tutor Sebaya Pada Materi Ajar Statistika.” Dinamika Pendidikan 5(1).

Jaya, Daniel Jesayanto. 2023. “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Metode Tutor Sebaya Pada Pembelajaran Mekanika Teknik Kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Dan Properti SMK Negeri 2 Yogyakarta.” Journal on Education 5(3):9741–52.

Mertayasa, I. Wayan. 2021. “Aplikasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika.” Journal of Education Action Research 5(3):301–8.

Moeyaert, Mariola, David A. Klingbeil, Emily Rodabaugh, and Merve Turan. 2021. “Three-Level Meta-Analysis of Single-Case Data Regarding the Effects of Peer Tutoring on Academic and Social-Behavioral Outcomes for at-Risk Students and Students with Disabilities.” Remedial and Special Education 42(2):94–106.

Moliner, Lidon, and Francisco Alegre. 2020. “Effects of Peer Tutoring on Middle School Students’ Mathematics Self-Concepts.” Plos One 15(4):e0231410.

Mugiyatmi. 2022. “Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Melalui Supervisi Akademik Kolaboratif Teknik Problem Solving.” Jurnal Mitra 1(2 SE-Artikel):65–80.

Muir, Christine. 2020. Directed Motivational Currents and Language Education: Exploring Implications for Pedagogy. Vol. 8. Multilingual Matters.

Pratama, Gama. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Terhadap Pemahaman Konsep Dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Dan Dagang.” Ecobankers: Journal of Economy and Banking 1(1):106–22.

Puspitasari, Yuliana, Rahmat Rais, and Kiswoyo Kiswoyo. 2019. “Studi Kasus Tentang Metode Tutor Sebaya Terhadap Prestasi Belajar.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3(2):177–83.

Putu, Ristiati. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Motivasi Belajar.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia 3(1).

Rahardjo, Agus, and Supratmi Pertiwi. 2020. “Learning Motivation and Students’ Achievement in Learning English.” JELITA 1(2):56–64.

Ridawati, Ridawati. 2022. “Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Kompetensi Membaca Alquran.” Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam 11(1):1–13.

Sujiati, Siti. 2020. “Pembelajaran Kooperatif Berbasis Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana Di SMPN 1 Kayangan.” Jurnal Paedagogy 7(1):1–8.

Sulistiyanti, Florentina. 2022. “Peningkatkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Penilaian Sikap Melalui Supervisi Akademik Kelompok Teknik Diskusi.” Jurnal Mitra 1(2 SE-Artikel):19–30.

Wahyuni, Indri. 2022. “Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing Meningkatkan Kepercayaan Diri, Kerja Sama, Dan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Mitra 1(1 SE-Artikel):45–60.

Unduhan

Diterbitkan

01/30/2024

Cara Mengutip

Hadi, E. P. (2024). TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI PLOTTING RADAR SISWA SMK. Jurnal Mitra, 2(3). Diambil dari https://jurnal.mitrasmart.co.id/index.php/jm/article/view/90