DIGITAL MARKETING BEBASIS MEDIA SOSIAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN UMKM: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Penulis

  • Parmini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Isti Ekatana Upaweda

Kata Kunci:

media sosial, UMKM, penjualan, penjualan produk

Abstrak

Pergeseran perekonomian yang semakin tak pasti menempatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi pilihan utama para pelaku usaha saat ini. Beberapa pelaku UMKM mash belum menemukan formula yang cocok untuk meningkatkan capaian penjualan, meskipun media sosial sudah muncul dengan bebagai fitur yang mendukung pemasaran produk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis benefit penggunaan media sosial sebagai alat pemasaran. Penelitian ini merupakan literature systematic review. Proses review dilakukan dengan mengumpulkan artikel ilmiah antara tahun 2017-2022 dengan kata kunci media sosial, UMKM, penjualan. Mesin pencari yang digunakan adalah google scholar. Review dimulai dari identifikasi topik permasalahan, pencarian artikel bedasarkan topik, melakukan pemilahan berdasarkan kriteria inklusi, ekstraksi data, dan analisis data. Kriteria inklusi artikel yang dipilih adalah: a) artikel terbit pada rentang waktu 2017-2022, b) merupakan artikel riset yang bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan media sosial tehadap penjualan produk UMKM, c) artikel dapat diakses secara terbuka dan diunduh secara lengkap. Hasil penelusuran mendapatkan enam artikel yang sesuai kriteria. Dari ke enam artikel didapatkan kesimpulan bahwa penggunaan media sosial meningkatkan penjualan produk UMKM

Unduhan

Diterbitkan

11/21/2022 — Diperbaharui pada 12/12/2022

Versi

Cara Mengutip

Parmini. (2022). DIGITAL MARKETING BEBASIS MEDIA SOSIAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN UMKM: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Jurnal Mitra, 1(3). Diambil dari https://jurnal.mitrasmart.co.id/index.php/jm/article/view/9 (Original work published 21 November 2022)