Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 10/27/2023. Baca versi terbaru.

MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MUATAN IPA TENTANG SIKLUS HIDUP HEWAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK

Penulis

  • Rizki Dwi Kurniawati SD Negeri Sompok

Kata Kunci:

komik, IPA, siklus hidup hewan, media komik

Abstrak

Pembelajaran menggunakan media komik telah menjadi fokus penelitian ini, dengan mengeksplorasi efektivitasnya dalam mengajarkan siklus hidup hewan di kelas III sekolah dasar. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi penerimaan siswa, ahli, dan guru terhadap komik sebagai alat pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif dengan melibatkan 120 siswa, 5 ahli materi, dan 5 guru di SD Negeri Sompok Kapanewon IMogiri. Lokasi penelitian dilakukan di lingkungan sekolah tersebut. Instrumen penelitian berupa komik dan kuesioner penilaian. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memberikan respons positif terhadap pemahaman konsep IPA melalui komik, namun terdapat kebutuhan untuk meningkatkan pemahaman konten dan relevansi materi. Ahli dan guru memberikan penilaian positif terhadap isi materi dan visualisasi komik, meskipun relevansi materi dan daya tarik visual perlu diperhatikan lebih lanjut. Kesimpulannya, penggunaan komik sebagai media pembelajaran memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan pemahaman siswa, tetapi perlu penyesuaian dalam konten dan aspek visual untuk meningkatkan daya tarik. Rekomendasi disarankan untuk mengembangkan komik dengan fokus pada kedalaman konten dan mempertahankan daya tarik visual untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa di masa depan.

Referensi

Arini, F. D., Choiri, A. S., & Sunardi, S. (2016). The use of comic as a learning aid to improve learning interest of slow learner student. European Journal of Special Education Research.

Casumpang, P. F. H., & Enteria, O. C. (2019). Effectiveness of developed comic strips as instructional material in teaching specific science concepts. International Journal for Innovation Education and Research, 7(10), 876–882.

Hidayah, I. N. (2019). Development of math comic learning media on the subject of algebraic expressions for seventh grade of junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1227(1), 12029.

Hidayat, N., & Rostikawati, T. (2018). The effect of the scientific approach with comic intelligent media support on students’ science competencies. Journal of Educational Review and Research, 1(1), 38–50.

Kim, J., Chung, M. S., Jang, H. G., & Chung, B. S. (2017). The use of educational comics in learning anatomy among multiple student groups. Anatomical Sciences Education, 10(1), 79–86.

Kuncoro, I. A., & Hidayati, Y. M. (2021). Learning Videos Increase Students’ Cognitive Learning Outcomes on Animal Life Cycle Materials. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 299–306.

Maryani, I., & Amalia, L. (2018). The development of science comic to improve student’s understanding in elementary school. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 75–82.

Phoon, H.-Y., Roslan, R., Shahrill, M., & Said, H. M. (2020). The role of comics in elementary school science education. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 10(2).

Resmol, K., & Leasa, M. (2022). The effect of learning cycle 5E+Powtoon on students’ motivation: The concept of animal metamorphosis. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 8(2), 121–128. https://doi.org/10.22219/jpbi.v8i2.18540

SILVA, A. B. D. A., SANTOS, G. T. D. O. S., & Bispo, A. C. K. D. A. (2017). The comics as teaching strategy in learning of students in an undergraduate management program. RAM. Revista de Administração Mackenzie, 18, 40–65.

Supartayasa, I. K. R., & Wibawa, I. M. C. (2022). Belajar Siklus Air dengan Media Komik Digital Berbasis Tri Hita Karana. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 127–137. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46279

Topkaya, Y., & Doğan, Y. (2020). The Effect of Educational Comics on Teaching Environmental Issues and Environmental Organizations Topics in 7th Grade Social Studies Course: A Mixed Research. Education & Science/Egitim ve Bilim, 45(201).

Wicaksono, J. W., Japar, M., & Utomo, E. (2021). Development of Digital Based Comic Media for Primary V-Class Student Learning. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(4), 532–537.

Widari, N. M. P. A., & Putra, D. B. K. N. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Berbasis Pendekatan Konstruktivisme pada Muatan IPA Materi Siklus Hidup Hewan Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2 SE-Articles), 518–526. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4220

Widyaningsih, N. P. A., & Ganing, I. N. (2021). Kelayakan Media Komik Berorientasi Pendekatan Konstruktivisme Muatan IPA Daur Hidup Hewan di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1 SE-Articles), 90–100. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.32534

Yonanda, D. A., Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2019). Development of Problem-Based Comic Book as Learning Media for Improving Primary School Students’ Critical Thinking Ability. Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar), 6(3), 341–348.

Unduhan

Diterbitkan

10/27/2023

Versi

Cara Mengutip

Dwi Kurniawati, R. (2023). MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MUATAN IPA TENTANG SIKLUS HIDUP HEWAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK. Jurnal Mitra, 2(2). Diambil dari https://jurnal.mitrasmart.co.id/index.php/jm/article/view/51