EVALUASI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI DAN ZAT DI KELAS X SMKN MANDIRAJA JURUSAN TEKNIK MESIN

Penulis

  • nuchi Isnaini SMK Negeri Mandiraja

Kata Kunci:

media video, pemahaman konsep, Materi dan Zat, pendekatan kuantitatif, penelitian pra-pasca.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan media video dalam meningkatkan pemahaman konsep Materi dan Zat di kelas X SMKN I Mandiraja jurusan Teknik Mesin. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pra-pasca (pre-post test) pada satu kelompok eksperimen yang terdiri dari 36 siswa. Instrumen utama yang digunakan adalah tes pemahaman konsep Materi dan Zat, yang diberikan sebelum dan setelah perlakuan menggunakan media video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada pra intervensi adalah 55.92 < pasca intervensi 70,79, sehingga secara deskriptif terdapat perbedaan nilai rata-rata pemahaman siswa tentang materi dan zat antara sebelum dan sesudah intervensi menggunakan media video dalam pembelajaran. Penelitian ini memberikan bukti empiris mengenai efektivitas penggunaan media video dalam meningkatkan pemahaman konsep Materi dan Zat di kelas X SMKN I Mandiraja jurusan Teknik Mesin. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan penting bagi praktisi pendidikan dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif, khususnya dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial.

Referensi

Bialangi, R. S. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Talking Stick pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas X SMK Almamater Telaga. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 3(2), 379–392.

Heny, A. P., & Aviventi, E. (2023). Profil Kemampuan Metakognitif Siswa Jurusan Kesehatan pada Mata Pelajaran IPAS (Biologi) di SMK Muhammadiyah 3 Wates. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 4(1), 9–15.

hernowo, bingar. (2022). Peningkatan Perubahan Perilaku Masyarakat Dalam Penggunaan Antibiotik Melalui Media Edukasi Video. Jurnal Mitra, 1(02 SE-Artikel). http://jurnal.mitrasmart.co.id/index.php/jm/article/view/24

Inayati, I. N., & Sufathan, M. R. (2022). Implementasi Metode Teams Games Tournament dengan Media Magnetic Board Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik MI Pada Materi Zat Tunggal dan Zat Campuran. Al-Adawat: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(01), 51–61.

Indrawati, S., Degeng, I. N. S., & Rusmawati, R. D. (2023). Pengembangan Modul Zat Dan Perubahannya Menggunakan Strategi Project Based Learning Di SMK Negeri 8 Surabaya. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 343–352.

Kholiqin, K., Yuliana, D., & Jaya, F. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Antusiasme Siswa Kelas X Tkj Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Di Smk Khamas Asembagus. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(1), 202–214.

Khotimah, H., Yulita, P., Ayu, S., & Syafaruddin, M. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Filpbook Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS di SMK Negeri 2 Pangkep. Guru Pencerah Semesta, 1(2), 180–187.

Maduretno, T. W., & Puspitasari, Y. D. (2021). Efektivitas Media Vlog (Video-Blog) Edukasi Melalui Youtube Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Smk Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Journal of Natural Science and Applications, 2(2).

Muntamah, M., Roshayanti, F., & Hayat, M. S. (2023). Potensi Penerapan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada Pembelajaran Projek IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) di SMK. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 4(1), 77–83.

Vinka, N. A. V. A., Subawa, I. G. B., & Andayani, M. S. L. (2023). Development Of Interactive Learning Content In Science Project Ipas Anatomy And Physiology Based Problem-Based Learning At Smk Negeri 1 Sukasada: Pengembangan Konten Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Project Ipas Materi Anatomi Dan Fisiologi Ber. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 20(1), 95–104.

Wiragunawan, I. G. N. (2022). Penerapan Pembelajaran Sole Berbantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Smkn 1 Kuta Selatan. TEACHER: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(2), 232–240.

Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91–100.

Yudiyanto, Y., Hakim, N., Hayati, D. K., & Carolina, H. S. (2020). Pengembangan video pembelajaran ipa terpadu pada tema konservasi gajah berkarakter peduli lingkungan. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 187–195.

Unduhan

Diterbitkan

09/08/2023

Cara Mengutip

Isnaini, nuchi. (2023). EVALUASI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI DAN ZAT DI KELAS X SMKN MANDIRAJA JURUSAN TEKNIK MESIN. Jurnal Mitra, 2(2). Diambil dari https://jurnal.mitrasmart.co.id/index.php/jm/article/view/45