Supervisi Klinis Bagi Guru Untuk Meningkatkan Kemampuan Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar
Kata Kunci:
supervisi klinis, memanfaatkan lingkungan, supervisi, sumber belajar, lingkunganAbstrak
Tujuan dari dilaksanakan penelitian tindakan sekolah ini adalah: Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar melalui supervisi klinis di Sekolah Dasar Negeri Pucung Kapanewon Imogiri Kabupaten Bantul. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru Sekolah Dasar Negeri Pucung Kapanewon Imogiri Kabupaten Bantul yang berjumlah 6 (enam) orang. Adapun objek penelitian adalah upaya peningkatan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian tindakan sekolah (school action research) yang dirancang melalui 2 (dua) siklus, masing-masing siklus melalui tahapan yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (action), (3) pengamatan (observasi), (4) refleksi (reflecting). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan siklus I dan siklus II tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada peningkatan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar melalui supervisi klinis di Sekolah Dasar Negeri Pucung Kapanewon Imogiri Kabupaten Bantul. 2) Diketahui bahwa hasil perbandingan penilaian yang dihasilkan dari kegiatan siklus I dan siklus II mendapatkan hasil rata-rata skor akhir sebesar 78. Dari uraian tersebut dapat diketahui bahwa antara penyusunan skenario pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran, guru lebih mahir dalam membuat skenario dari pada pelaksanaan pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Hal itu dapat dilihat dari hasilnya yaitu pada penilaian skenario mendapatkan hasil akhir sebesar 91,25 sedangkan pada pelaksanaan pembelajaran memperoleh hasil akhir sebesar 78 yang membuktikan bahwa nilai yang didapatkan dari penilaian terhadap skenario pembelajaran lebih besar dari pada penilaian terhadap pelaksanaan pembelajaran.