MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DUA ARAH PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Penulis

  • Wasiyati SD Panerusan

Kata Kunci:

: role playing, komunikasi dua arah, Bahasa Indonesia, model pembelajaran

Abstrak

Mampu berkomunikasi dua arah merupakan bekal yang harus dimiliki anak untuk menyiapkan kehidupannya di masa depan. Metode pembelajaran yang tepat menjadi penentu hasil belajar siswa terutama menyangkut capaian berupa ketrampilan. Model pembelajaran role play merupakan pendekatan pembelajaran yang relevan dengan target belajar berupa mampu melakukan komunikasi dua arah bagi siswa SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role play terhadap capaian ketrampilan komunikasi dua arah pelajaran Bahasa Indonesia. Intervensi pembelajaran dilaksanakan dua siklus tindakan, setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jenis tindakan yang digunakan adalah model pembelajaran role playing.. Penelitian dilaksanakan mulai Februari-Maret 2022 di SDN Panerusan Wadaslintang. Subjek penelitian adalah siswa kelas III berjumlah 24 orang. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia topik komunikasi dua arah. Dampak yang diharapkan dalam tindakan penelitian tindakan ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar, rasa percaya diri, dan kemampuan berkomunikasi dua arah secara santun. Indikator penelitian adalah nilai hasil belajar di atas KKM. Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran role play mampu meningkatkan kemampuan berkomunikasi dua arah siswa kelas III SDN Panerusan, dengan kenaikan rerata nilai sebesar 7.5 poin. Peningkatan proporsi siswa yang menuntaskan target belajar juga mengalami peningkatan, yang semula 85.3 % menjadi 96.5 % (kenaikan sebesar 9.2%). Model role play juga mampu meningkatkan pemahaman akan kesopanan berkomunikasi dan kepercayaan diri siswa secara signifikan. Disarankan kepada Guru untuk menambah variasi metode pembelajaran yang paling sesuai dengan target pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik siswa, kelengkapan sarana prasarana, dan suasana akademik sekolah

Referensi

Arfani, L. (2016). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran. PPKn & Hukum.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azizah, N., & Kurniawati, Y. (2013). Tingkat Keterampilan Berbicara Ditinjau Dari Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies.

Danim, S. (2017). Pengantar Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Deliyana, E., & Fitriani, H. S. (2019). Prngaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri Sukasari II Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia

Hidayati, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Pendekatan Komunikatif Kelas V SD Padurenan II Di Bekasi Taahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Hilmi, M. (2018). Penerapan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak dan Kecerdasan Sosialnya. Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan.

Kristin, F. (2018). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar IPS. Refleksi Edukatika.

Mabruri, Z. K., & Aristya, F. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Melalui Penerapan Strategi Role Playing SD Negeri Ploso 1 Pacitan. Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran.

Nizkon. (2018). Model-Model Pembelajaran. Palembang: Noerfikri Offset.

Nurhasanah, I. A., Sujana, A., & Sudin, A. (2016). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya. Pena Ilmiah.

Priatna, A., & Setyarini, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Ilmiah Pendidikan Dasar.

Shoimin, A. (2020). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sujana, I. W. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar.

Tantawi, I. (2019). Terampil Berbahasa Indonesia. Jakarta:

Kencana. Wahidah Z, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD INP Tanetea Kecamatan Pa'jukukang Kabupaten Bantaeng. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran.

Widnyana, I. G., Sujana, I. W., & Putra, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Tri Hita Karana Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD Gugus Untung Surapati Tahun Pelajaran 2016/2017. PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 3(4).

Naiborhu, R. (2019) ‘Upaya Meningkatkan Ketrampilan Berbicara Bahasa Indonesia Melalui Metode Bermain Peran’, Jurnal Global Edukasi, 3(1).

Ratieh Widhiastuti, F. (2014) ‘Teams Games Tournament (ROLE PLAY) sebagai Metode untuk Meningkatkan keaktivan dan Kemampuan Belajar’, Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, IX(1), pp. 48–56.

Rosmita Ambarita, J.Y.H. (2018) ‘Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Teams-Games-Tournament (ROLE PLAY) untuk Meningkatkan Ketrampilan Membaca Teks Berbahasa Indonesia’, Jurnal Akrab Juara, 3(3).

Sarwi, Supriyadi, S. (2013) ‘Implementasi Model Pembelajaran Inovatif untuk Mengembangkan Nilai Karakter Siswa’, Jurnal Penelitian Pendidikan, 30, pp. 141–150.

Sri Damayanti, Nurmala Saruman, I. (2017) ‘Inovasi Perencanaan Pembelajaran Guru sebagai Upaya Meminimalisir Permasalahan Belajar Siswa’, Prosiding Seminar Nasional : Inovasi Perencanaan Pembelajaran Guru, 03(1), pp. 1–7.

Stevani, H., Andriani, R. and Fjriani, F. (2019) ‘Analisis Kondisi Psikologis Siswa Dan Implikasinya Terhadap Program Bimbingan Dan Konseling’, Enlighten: JUrnal Bimbingan dan Konseling Islam, 2(2), pp. 62–67.

Susanti, R.E. (2020) ‘Peningkatan Kemampuan Mengingat Kosakata Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournaments ( ROLE PLAY ) Berbasis Karuta Calis’, ANUVA, 4(4), pp. 543–559.

Unduhan

Diterbitkan

04/05/2023

Cara Mengutip

Wasiyati. (2023). MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DUA ARAH PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Mitra, 2(1). Diambil dari https://jurnal.mitrasmart.co.id/index.php/jm/article/view/32