PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN MODUL AJAR MELALUI WORKSHOP BAGI GURU DI SD NEGERI NGABLAK
Kata Kunci:
Kemampuan, modul ajar., workshop, guruAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru SD Negeri Ngablak dalam membuat modul ajar yang sesuai dengan karakterisitik dan kondisi lingkungan anak semester I tahun ajaran 2022/2023
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah dengan tahapan pada setiap siklusnya: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek peneliian ini adalah guru SD Negeri Ngablak yang terdiri dari 4 guru kelas dan 4 guru mata pelajaran
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan nilai capaian guru dan nilai capaian indicator guru yang melaksanakan kegiatan workshop. Hal ini bisa di lihat dari siklus I pertemuan 1 nilai capaian guru 74% miningkat di pertemuan 2 menjadi 82% ada peningkatan 8% di siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 85% ada peningkatan 3% meningkat lagi di pertemuan 2 menjadi 92%. ada peningkatan 7% begitu juga dengan capaian indikatornya dari siklus I pertemuan 1 capaian indicator 72% di pertemuan 2 meningkat menjadi 82% di siklus II pertemuan 1 meningkat 85% meningkat lagi di pertemuan 2 menjadi 92%.
Begitu juga dengan peningkatan hasil kerja guru ketika menyusun Modul ajar juga mengalami peningkatan siklus I pertemuan 1 capaian nilai guru 74% meningkat di pertemuan 2 menjadi 82% di sikus II pertemuan 1 meningkat lagi menjadi 89% di pertemuan 2 menjadi 95%. Sedangkan capaian indicator hasil kerja guru Menyusun workshop. Siklus I pertemuan 1capaian indikatornya 74% meningkat di pertemuan 2 menjadi 82% pada siklus II pertemuan 1 menjadi 88% meningkat di pertemuan 2 menjadi 94%.
Referensi
Abdul majid (2005) Perencanaan Pembelajran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Jakarta PT Remaja Rosdakarya
Daryanto (2011) Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Daryanto dan Syaiful Karim, (2017) Pembelajaran Abad 21. Yogjakarta: Gava Media
Ibrahim Bafadal, (2013) Peningkatan Profesional Guru SD. Jakarta: Bumi Aksara
Mulyasa (2012) Penelitian Tindakan Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyasa, (2008) Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nanang Priatno,dkk ( 2013) Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Rosdakarya
Triatno, (2010) Pengantar Penelitian Bagi Pengembangan dan Profesi PTK.Jakarta: Kencana Media Prenada
UU Sisdiknas (2003) Sistim Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.