MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS SISWA SMP II MANDIRAJA BANJARNEGARA

Penulis

  • Rinna Prasetyawati SMPN ii mandiraja

Kata Kunci:

Teams Games Tournament, TGT, kosa kata, Bahasa Inggris

Abstrak

Menguasai kosa kata merupakan modal dasar keberhasilan pembelajaran Bahasa Inggris. Suasana pembelajaran yang menyenangkan menentukan makna belajar yang diperoleh siswa dan capaiannya. Model pembelajaran cooperative learning type Teams Games Tournament (TGT) merupakan pendekatan pembelajaran yang relevan dengan target belajar kosa kata dan psikologi perkembangan siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model TGT terhadap capaian penguasaan kosa kata Bahasa Inggris. Intervensi pembelajaran dilaksanakan dua siklus tindakan, setiap siklus tindakan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jenis tindakan yang digunakan adalah pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian dilaksanakan mulai September-November 2021 di SMP Negeri II Mandiraja Banjarnegara. Subjek penelitian adalah siswa kelas XA SMP Negeri II Mandiraja berjumlah 32 orang. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris topik penguasaan kosa kata. Dampak yang diharapkan dalam tindakan penelitian tindakan ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar, rasa percaya diri, dan tingkat kerja sama siswa. Indikator penelitian adalah nilai hasil belajar di atas KKM. Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT mampu meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Inggris di kelas XA SMP Negeri II Mandiraja Banjarnegara, dengan kenaikan rerata nilai sebesar 8 poin. Peningkatan proporsi siswa yang menuntaskan target belajar juga mengalami peningkatan, yang semula 84.3% menjadi 93.75% (kenaikan sebesar 9.45%). Model TGT juga mampu meningkatkan kualitas kerja sama dan kepercayaan diri siswa secara signifikan.. Disarankan kepada Guru untuk meningkatkan kreativitas merancang pembelajaran menggunakan pendekatan model pembelajaran yang paling relevan dengan karakteristik siswa dan jenis capaian hasil belajar.

Unduhan

Diterbitkan

11/30/2022

Cara Mengutip

Prasetyawati, R. (2022). MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS SISWA SMP II MANDIRAJA BANJARNEGARA. Jurnal Mitra, 1(3). Diambil dari https://jurnal.mitrasmart.co.id/index.php/jm/article/view/14