HUBUNGAN SUMBER INFORMASI, PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI DENGAN PERILAKU PERAWATAN DIRI SAAT MENSTRUASI DI SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN 2023

Penulis

  • Anis Khotimah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global Yogyakarta
  • Tutik Wahyuningsih Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global Yogyakarta
  • Anisa Annurahma Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global Yogyakarta

Kata Kunci:

Sumber Informasi, Pengetahuan,Sikap, Remaja Putri, Perilaku perawatan diri, Menstruasi.

Abstrak

Latar Belakang: Berdasarkan hasil wawancara kepada 5 siswi di SMP Negeri 1 Banguntapan Bantul terdapat 4 dari 5 rata-rata mengalami kejadian menstruasi saat kelas 6 SD dan siswi saat menstruasi tidak membawa pembalut ke sekolah sebagai pengganti sehingga mereka tidak mengganti pembalut lebih dari 3-4 jam, padahal pembalut harusnya diganti setiap 3-4 jam sekali dan wawasan agar saat menstruasi tetap menjaga kesehatan dan personal hygiene dan 5 siswi tersebut mendapatkan sumber informasi tentang perawatan diri dari ibu dan kakak perempuan mereka sehinggga mereka menerapkan apa yang mereka dapat dari ibu dan kakak perempuan mereka.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan sumber informasi, pengetahuan dan sikap remaja putri dengan perilaku perawatan diri saat menstruasi di SMP Negeri 1 Banguntapan Bantul Yogyakarta 2023

Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah siswi kelas VII di SMP Negeri 1 Banguntapan Bantul Yogyakarta berjumlah 57 siswi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data mengunakan kuesioner. Analisis data menggunakan Uji Chi Square.

Hasil: Terdapat hubungan yang tidak signifikan mengenai hubungan sumber informasi dengan perilaku perawatan diri saat menstruasi yaitu nilai p = 0,780 > α = 0,05, Terdapat hubungan yang tidak signifikan mengenai hubungan sumber informasi dengan perilaku perawatan diri saat menstruasi yaitu nilai p = 0,769 > α = 0,05 dan terdapat hubungan sikap dengan perilaku perawatan diri saat menstruasi menstruasi yaitu nilai p = 0,038 < α = 0,05

Referensi

Anjan A, Susanti D. (2019). Hubungan Sumber Informasi Dengan Perilaku Personal Hygiene Pada Remaja Putri Saat Menstruasi. J Cent Res Publ Midwifery Nurs.

Agus Riyanto, 2017 Pengolahan Dan Analisis Data Kesehatan, Yogyakarta Nuha Medika

Delzaria, Nia. 2021. Hubungan Pengetahuan Sikap Dan Sumber Informasi Dengan Perilaku Personal Hygiene Saat Menstruasi Remaja Putri Di Mts Pondok Pesantren Nurul Iman. Jambi: Universitas Jambi

Imas Wiwin Laswini. (2022). Pengetahuan, Sikap, dan Sumber Informasi Dengan Perilaku Personal Hygiene Saat Menstruasi Pada Remaja Putri di Pondok Pesantren Al Inayah Kota Bogor Tahun 2022.

Isroin, Laily.2012. Personal Hygiene. Yogyakarta: Graha Ilmu

Kusmiran, Eni. 2021. Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Jakarta Selatan: Salemba Medika

Lestari, Titik. 2015. Kumpulan Teori untuk Kajian Pustaka Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika

Maharani, Riri dan Andiyani W. (1018). Faktor yang Berhubungan terhadap Perilaku Personal Hygiene saat Menstruasi pada Santriwati MTS Pondok Pesantren Dar El Hikmah Kota Pekanbaru.

Maulana,Nora.2017. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Dengan Persdonal Hygeine Saat Menstruasi Pada Siswi Kelas IX Di Negeri 1 Lhokseumawe Tahun 2016.Fakultas Kedokteran Universita Malikussaleh.

Azzahra Nabila dan Retno Mardhiati A. (2020). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Personal Hygiene saat Menstruasi pada Siswi SMP PGRI Depok II Tengah Jawa Barat 2020.

Nanik Yuliwati dan Fitri Solissa. (2022). Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Sumber Informasi Dengan Perilaku Personal Hygiene Saat Menstruasi Pada Remaja Putri di SMK Negeri V Buru Selatan. Maluku Tahun 2022.

Ni Made Mira. (2020). Determinan yang mempengaruhi perilaku personal hygiene saat menstruasi.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2015. Promosi Kesehatan dan ilmu perilaku. Jakarta: Renika Cipta

Notoatmodjo, Soekidjo. 2017. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Renika Cipta

Notoatmodjo, Soekidjo. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Renika Cipta

Desta Rosyida. (2019). Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Saraswati,E Devi.2017.Hubungan Pengetahuan Tentang Menstruasi Dengan Prilaku Personal Hygiene Pada Remaja Putri Kelass VII Di Smp Muhammadiyah 9 Bojonegoro. Stikes Insan Cendikia Husada Bojonegoro

Sugiyono.2017. Statistik untuk Penelitian.Bandung: CV Alfabeta

Tetti Solehati, dkk. (2016). Hubungan Sumber Informasi dan Usia Remaja Putri dengan Perilaku Perawatan Diri saat Menstruasi di Pondok Pesantren Al-Musaddadiyah Garut Tahun 2016.

Wawan, A & Dewi, M. 2011. Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Yuni, E Natalia.2015. Buku Saku Personal Hygiene. Yogyakarta: Nuha Medika.

Unduhan

Diterbitkan

09/17/2024

Cara Mengutip

Khotimah, A., Wahyuningsih, T. ., & Annurahma, A. . (2024). HUBUNGAN SUMBER INFORMASI, PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI DENGAN PERILAKU PERAWATAN DIRI SAAT MENSTRUASI DI SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN 2023 . Jurnal Mitra, 3(2). Diambil dari https://jurnal.mitrasmart.co.id/index.php/jm/article/view/110