IMPLEMENTASI ALGORITMA ANN UNTUK MENENTUKAN TINGKAT PERCERAIAN DI KABUPATEN MALUKU TENGAH

Penulis

  • Jama Toyo ITBM Wakatobi
  • Asfin Herianto ITBM Wakatobi
  • Nuru Yarkuran ITBM Wakatobi
  • Syamsul Arif ITBM Wakatobi

Kata Kunci:

Implemetasi, ANN, Data Mining, perceraian

Abstrak

Perceraian adalah fenomena sosial yang memiliki dampak signifikan di Kabupaten Maluku Tengah, Indonesia. Dalam tiga tahun terakhir, angka perceraian di seluruh Indonesia mengalami peningkatan yang cukup besar. Dalam upaya mengatasi masalah ini, teknologi kecerdasan buatan (AI) dan Algoritma Jaringan Saraf Tiruan (Artificial Neural Network - ANN) dianggap sebagai solusi potensial. Penelitian ini menggali implementasi ANN untuk memprediksi tingkat perceraian di Kabupaten Maluku Tengah. Data perceraian dari tahun 2014 hingga 2018 digunakan untuk pelatihan dan pengujian model ANN. Metode backpropagation digunakan untuk perhitungan dengan inisialisasi bobot dan normalisasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma backpropagation mencapai tingkat akurasi 100%. Ini memberikan pandangan mendalam tentang cara teknologi AI dapat digunakan untuk memahami dan mengatasi tingkat perceraian di wilayah tersebut, yang dapat membantu pemerintah dan lembaga terkait merancang program intervensi yang lebih efektif.

Referensi

Ahmad Bastomi, (2010). Tinjauan Kompilasi Hukum Islam dan PP No.9 Tahun 1975 terhadap pelaksanaan Pencatatan Perceraian di Kantor Urusan Agama Kec. Gurah Kab. Kediri, Skripsi Jurusan Ahwal al-Syaksiyyah Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Eka Pandu Cynthia, Edi Ismanto, (2018) Metode Decision Tree Algoritma C4.5 dalam Mengklasifikasi data Penjualan Bisnis Gerai makanan Cepat Saji, Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika (JURASIK) Volume (3) Juli 2018, pp 1-13 ISSN: 2527-5771/EISSN: 2549-7839.

Esty Purwaningsih, (2016), Seleksi Mobil Berdasrakan Fitur dengan Komparasi Metode Klasifikasi Neural Network, Support Vektor Machine, dan Al-goritma C4.5, Program Studi Manajemen Informatika AMIK BSI Tangeran, Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol.XII, No.2 September 2016.

Hartoyo, melly latifah, sri rahayu mulyani, (2011). studi nilai anak, jumlah anak yang diinginkan, dan keikutsertaan orang tua dalam program kb Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, FakultasEkologi Manusia, Institut Pertanian Bogor,

Irma Apriliana Dahlia, Mohammad Irfan dan Wisnu Uriawan, (2018). Perbandingan Metode Naïve Bayes dan K-Nearest Neighbort untuk Prediksi Perceraian (Studi kasus : Pengadilan Agama Cimahi), Jurnal Teknik Informatika, Fakultas Sains dan UIN SGD Bandung, INSIGHT Volume 1 No. 1 : 182-187

Isnawati Rais. (2014). Tingginya Angka Cerai Gugat (Khulu’) di Indonesia; Analisis Kritis Terhadap Penyebab dan Alternatif Solusi Mengatasinya, Jurnal Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Al-‘Adalah Vol.XII, No. 1 Juni 2014.

KBJI (2002). katalog BPS : 3420 dowload file pdf.

Lia Kurniawati, dkk, (2017). Hubungan antara tingkat pendidikan, Status pekerjaan dan tingkat pendapatan dengan usia perkawinan pertama anita Di kelurahan kotalama kecamatan kedungkandang kota malang, Jurnal Preventia, Vol 2 No 1 Juni, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

Ni Komang Sri Julyyantari, I Ketut dedy Suryawan. (2014). Data Mining Prestasi, Akademik Dengan Naïve Bayes Berdasarkan Attribut Importance (AI), Jurnal Sistem dan Informatika STMIK STIKOM Bali, Vol. 9 No.1, Jl. Raya Puputan No. 68 Renon, Denpasar – Bali.

Unduhan

Diterbitkan

09/14/2023

Cara Mengutip

Toyo, J., Herianto, A., Yarkuran, N. ., & Arif, S. . (2023). IMPLEMENTASI ALGORITMA ANN UNTUK MENENTUKAN TINGKAT PERCERAIAN DI KABUPATEN MALUKU TENGAH. Jurnal Mitra, 2(2). Diambil dari https://jurnal.mitrasmart.co.id/index.php/jm/article/view/47