PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBUAT SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MELALUI WORKSHOP BERBASIS COOPERATIVE LEARNING TEKNIK STAD
Kata Kunci:
HOTS, workshop, STAD., membuat soal, teknik membuat soalAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membuat soal HOTS melalui workshop berbasis cooperative learning teknik STAD. Subjek penelitian adalah guru-guru SD Jageran yang berjumlah 11 guru. Metode yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan lembar wawancara. Analisis data yang digunakan adalah deskiptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Kemampuan membuat soal HOTS guru dikatakan berhasil jika rata-rata yang dicapai adalah 75 dan berkategori baik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membuat soal HOTS. Hal ini dapat terlihat pada nilai rata-rata kemampuan membuat soal HOTS yang semakin meningkat yaitu 70 pada pra tindakan, 80 pada akhir siklus I, dan 93 pada akhir siklus II. Sedangkan kemampuan guru dalam memahami soal HOTS yaitu 70 pada pra tindakan, 82 pada akhir siklus I, dan 94 pada akhir siklus II. Semua guru juga telah mencapai kategori baik bahkan sangat baik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penelitian tindakan sekolah ini berhasil
Referensi
Admaja. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Anderson, L.W. dan D.R. Krathwohl. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Anwar, Muadi. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Malang: UM.Press.
Arwood, E.L. (2011). Language Function: An Introduction to Pragmatic Assessment and Intervention for Higher Order Thinking And Better Literacy. London: Jessica Kingsley Publisher.
Brookhart, S. M., & Nitko, A. J. (2011). Educational Assessment of Students. England: Pearson Higher Ed.
David. Popenoe. (2015). Sociology seven edition. New Jersey: Prentice Hall.
Ichsan, et.al. (2019). Reserch Methods in Clinical Psychology. England: John Wiley & Sons Ltd England.
Kasbolah. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: UNM Press.
Kurniasih. (2015). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.
Mahirah. (2017). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin. (2011). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Suparlan. (2017). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Thome & Thomas (2009). Classroom Assessment Techniques: A Handbook for College Teachers, 2nd edition. CA: Cloverdale