HUBUNGAN SPIRITUALITAS DAN KECEMASAN MAHASISWA KEPERAWATAN ANESTESIOLOGI DALAM MENGHADAPI PRAKTIK KLINIK

Penulis

  • Adinda Aditya Ladjapa Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Anita Setyowati Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Astika Nur Rohmah Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

Kata Kunci:

Spiritualitas, Kecemasan, Mahasiswa, Praktik Klinik

Abstrak

Latar Belakang: Mahasiswa D4 Keperawatan Anestesiologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta sering mengalami kecemasan saat menghadapi praktik klinik. Kecemasan ini muncul karena tuntutan beradaptasi dengan lingkungan baru, berinteraksi langsung dengan pasien, serta menerapkan teori ke dalam praktik nyata. Kondisi tersebut dapat berdampak pada fisik dan psikologis mahasiswa, seperti gangguan tidur, sulit konsentrasi, hingga peningkatan denyut jantung. Salah satu faktor yang diyakini dapat membantu mengatasi kecemasan adalah spiritualitas, yang memberikan ketenangan batin dan dukungan emosional. 

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara spiritualitas dengan tingkat kecemasan mahasiswa D4 Keperawatan Anestesiologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta dalam menghadapi praktik klinik.

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross sectional, menggunakan teknik random sampling pada mahasiswa yang akan menjalani praktik klinik. Data dikumpulkan melalui kuesioner Daily Spiritual Experience Scale (DSES) untuk spiritualitas dan Depression Anxiety Stress Scale (DASS) untuk kecemasan.

Hasil: Hasil analisis univariat menunjukkan mayoritas responden berusia 19–20 tahun, berjenis kelamin perempuan, dan sebagian besar memiliki tingkat spiritualitas tinggi serta tingkat kecemasan normal. Analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara spiritualitas dan tingkat kecemasan mahasiswa (p = 0,000), di mana semakin tinggi spiritualitas, semakin rendah tingkat kecemasan yang dialami mahasiswa.

Simpulan: spiritualitas berperan dalam menurunkan tingkat kecemasan mahasiswa D4 Keperawatan Anestesiologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta dalam menghadapi praktik klinik.

 

Referensi

Agustianti, R., Yuliyanti, L., & Rahman, R. (2022). Hubungan Pengetahuan Tentang Gizi Seimbang dengan Pola Konsumsi Mahasiswa. Jurnal Gizi dan Kesehatan, 10(1), 15–21.

Ali, M., Harahap, I., & Arifin, S. (2022). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Andhika, R., Nuraini, A., & Kartika, D. (2023). Spiritualitas dalam Praktik Keperawatan: Integrasi Nilai Keagamaan dan Dukungan Psikologis. Jurnal Keperawatan Holistik, 17(2), 45–52.

Babaheydari, S., Mohammadi, F., & Pakpour, A. H. (2023). Effectiveness of Spiritual Therapy on Anxiety in Nursing Students. Journal of Nursing Research, 31(3), 112–120.

Fadhilah, R., Wulandari, N., & Widodo, S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Praktik Klinik terhadap Kesiapan Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 8(2), 85–91.

Hakim, A., Lestari, R., & Febriani, I. (2023). Peran Spiritualitas dalam Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa. Psikoborneo, 11(1), 33–42.

Hamka, A., Siregar, H., & Rohman, F. (2020). Spiritualitas Islam: Teori dan Implementasi dalam Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.

Haniba, N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa Keperawatan dalam Menghadapi Praktik Klinik. Jurnal Kesehatan, 6(1), 72–79.

Hartono, D., Susilowati, E., & Taufik, M. (2023). Kecemasan Mahasiswa Tingkat Akhir dalam Menjalani Praktik Klinik di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan Profesional, 9(1), 12–20.

Hidayatullah, A. (2020). Efek Kecemasan terhadap Kesehatan Fisik Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Ilmu Keperawatan, 5(2), 99–105.

Koenig, H. G. (2019). Religion and Mental Health: Research and Clinical Applications. London: Academic Press.

Malone, J., & Dadswell, A. (2018). Exploring Spirituality in Nursing Education: Its Role in Reducing Anxiety. Nurse Education Today, 68, 60–66.

Marhamad, I., Sulastri, D., & Rahman, R. (2022). Kecemasan Mahasiswa dalam Menghadapi Ujian Klinik dan Praktik Lapangan. Jurnal Psikologi Kesehatan, 10(2), 45–53.

Mukholil. (2018). Kecemasan: Gangguan dan Strategi Penanganannya. Yogyakarta: Deepublish.

Nurfajrin, N., Saputri, I., & Rahmah, S. (2023). Dimensi Bio-Psiko-Spiritual dalam Asuhan Keperawatan Modern. Jurnal Keperawatan Terapan, 5(1), 21–30.

Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Jakarta: Salemba Medika.

Primawati, N. (2022). Hubungan Antara Tingkat Spiritual dengan Kecemasan pada Siswa SMP Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Psikologi Remaja, 4(1), 14–23.

Pratiwi, R., Rahayu, T., & Sari, M. (2021). Kecerdasan Spiritual dan Kemampuan Mahasiswa dalam Mengelola Stres Akademik. Jurnal Keperawatan Jiwa, 9(1), 33–41.

Shelemo, D. (2023). Pengaruh Spiritualitas terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa Selama Pandemi. Jurnal Psikologi Islami, 6(2), 55–63.

Sugiharno, A., Taufik, L., & Wati, N. (2022). Kecemasan Mahasiswa Akhir dalam Menghadapi Dunia Klinik. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 7(2), 68–74.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tyasmaning, A. (2024). Integrasi Spiritualitas dalam Kurikulum Pendidikan Kesehatan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Profesi Kesehatan, 12(1), 23–30.

Ulfah, M. (2023). Dampak Kecemasan Akademik Terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Keperawatan Transkultural, 8(1), 14–20.

Underwood, L. G., & Teresi, J. A. (2002). The Daily Spiritual Experience Scale: Development, Theoretical Description, Reliability, Exploratory Factor Analysis, and Preliminary Construct Validity Using Health-Related Data. Annals of Behavioral Medicine, 24(1), 22–33.

Yusuf, A. M., Ibrahim, M., & Rachman, S. (2016). Dasar-Dasar Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC.

Zahro, A. N., & Purwaningsih, R. (2018). Evaluasi Praktik Klinik dalam Pendidikan Keperawatan: Tinjauan Kritis. Jurnal Keperawatan Indonesia, 21(2), 81–88.

Unduhan

Diterbitkan

08/21/2025

Cara Mengutip

Ladjapa, A. A., Setyowati, A. ., & Rohmah, A. N. . (2025). HUBUNGAN SPIRITUALITAS DAN KECEMASAN MAHASISWA KEPERAWATAN ANESTESIOLOGI DALAM MENGHADAPI PRAKTIK KLINIK. Jurnal Mitra, 4(2). Diambil dari https://jurnal.mitrasmart.co.id/index.php/jm/article/view/156