ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK FESYEN DALAM TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM

Studi pada Pelaku Bisnis Online Fesyen Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara

Penulis

  • Ririn Kurniawati Universitas Alma Ata
  • Abdul Salam Universitas Alma Ata

Abstrak

Perkembangan teknologi dan digitalisasi telah mengubah strategi pemasaran, terutama dalam bisnis online fesyen.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang digunakan oleh pelaku bisnis fesyen online di Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara, dengan perspektif etika bisnis Islam. Menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Kerangka Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP) digunakan untuk memahami bagaimana pelaku bisnis mengelompokkan pasar, menentukan target konsumen, dan memposisikan produk mereka secara kompetitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku bisnis fesyen online di Kalinyamatan melakukan segmentasi berdasarkan faktor geografis, demografis, psikografis, dan perilaku konsumen. Strategi targeting mereka disesuaikan dengan preferensi pasar, sementara positioning dilakukan dengan cara menjamin kualitas produk, memanfaatkan media sosial, serta menganalisis tren menggunakan Facebook Ads Library dan Google Trends. Selain itu, prinsip-prinsip etika bisnis Islam seperti tauhid (kesatuan), keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan kejujuran tercermin dalam praktik bisnis mereka. Namun, masih ada tantangan dalam menjaga transparansi dan kepercayaan konsumen dalam transaksi online. Penelitian ini menekankan pentingnya pengintegrasian etika bisnis dalam strategi pemasaran digital untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Referensi

Fattah Abdul. (2019). Pemetaan Persebaran Industri Konveksi Di Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara Berbasis Sistem Informasi Geografis Tahun 2019.

Fitriani. (2024). Analisis Pengguna Layanan Bni Mobile Banking Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 134–143. Https://Doi.Org/10.55049/Jeb.V16i2.313

Laksana M.F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Khalifah Mediatama.

Leo, D. (2025, January 23). Prediksi Apjii Pengguna Internet Ri Capai 231 Juta Pada 2025 . Bisnis Tekno.

Manggu, B., & Beni, S. (2021). Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting, Positioning (Stp) Dan Promosi Pemasaran Sebagai Solusi Meningkatkan Perkembangan Umkm Kota Bengkayang. Sebatik, 25(1), 27–34. Https://Doi.Org/10.46984/Sebatik.V25i1.1146

Mutaqqin, A. (2024, June 23). Menparekraf Sebut Fesyen Sumbang 62% Ekspor Ekonomi Kreatif Indonesia . Https://Www.Detik.Com/.

Nurmandiansyah Toriq Muhammad. (2021). Etika Bisnis Islam: Konsep Dan Praktek (Fakhrani Azmal Ferdy, Ed.). Cv Cakrawala Media Pustaka.

Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijawa Press.

Susanto, H. (2016). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Pelaku Ekonomi Kreatif Subsektor Kerajinan Dan Fesyen Di Daerah Istimewa Yogyakarta. 5.

Unduhan

Diterbitkan

04/29/2025

Cara Mengutip

Kurniawati, R., & Salam, A. (2025). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK FESYEN DALAM TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM: Studi pada Pelaku Bisnis Online Fesyen Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara. Jurnal Mitra, 4(1). Diambil dari https://jurnal.mitrasmart.co.id/index.php/jm/article/view/144